oleh

Masjid Fatimah, Masjid Pengantin di Kota Solo

-Berita-241 Dilihat

Di kota Solo banyak masjid modern maupun masjid peninggalan zaman dahulu yang masih dijaga dan dirawat untuk tempat ibadah sampai sekarang ini, dengan berbagai keunikan dan arsitektur bangunan yang indah. Masjid Fatimah, masjid yang bernuansa modern yang letaknya sangat strategis yaitu di Jl. Dr. Radjiman No. 193 Jayengan, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta dekat dengan Matahari Singosaren. Masjid ini tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah sholat saja melainkan sebagai tempat pengajian, kegiatan Islam di hari-hari besar, kegiatan TPA, dan sebagainya.

Lain dengan yang lainnya, Masjid Fatimah ini disebut Masjid Pengantin karena sering digunakan sebagai tempat acara resepsi pernikahan.

Pembangunan Masjid Fatimah ini memiliki sejarah tersendiri. Didirikan pada tahun 1980, sebelumnya masjid ini terletak di area Batik Danarhadi Kemlayan kemudian dipindahkan ke Jl. Dr. Radjiman pada tahun 2004. Nama Fatimah itu terinspirasi dari orang tua Santosa Doelah yang bernama Fatimah karena merupakan wakaf dari keluarganya yang sekaligus pemilik Batik Danarhadi. Masjid seluas 1980 m2 dapat menampung hingga 800 jamaah, ini mulai digunakan untuk umum pada tahun 2004.

Jika dilihat dari arsitektur bangunannya, masjid ini bernuansa modern dilengkapi dengan ornamen-ornamen yang membuat terpana bagai siapa saja yang melihatnya. Pembangunan masjid ini memadukan arsitektur Timur Tengah dengan tetap menonjolkan nuansa arsitektur budaya Jawa sehingga terkesan klasik nan mewah. Bagi Jamaah yang mengunjungi masjid akan melihat Al-Qur’an raksasa kuno di samping mihrab ukir, hal ini merupakan ikon dari Masjid Fatimah.

Kabar Terbaru