oleh

Kuningan Punya Destinasi Wisata Kebun Buah Naga Kuning, Iip Hidajat Ingin Hal ini Dikenal Masyarakat Luas

-Berita-108 Dilihat

KUNINGAN – Menarik, salah satu rumah makan terbaru yang di kunjungi oleh Penjabat Bupati Kuningan, Raden Iip Hidajat, memiliki keunikan tersendiri.

Selain menawarkan berbagai jenis kuliner berupa kedai makan dan minum, rumah makan bernama Sangkanika Edugarden, Eatery & Wellnes ini juga menawarkan destinasi kebun buah naga kuning yang terintegrasi dengan klinik kesehatan gigi dan klinik kecantikan.

Minggu (16/06/2024) Iip Hidajat didampingi Sekda Kuningan, Dian Rachmat Yanuar, Kadisporapar, Elon Carlan dan Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana.

Terletak di Jl. Simenyan, Desa Sangkanurip, Kecamatan Cigandamekar, Sangkanika Edugarden, Eatery & Wellnes ini dikelola oleh PT Sangkanika Astana Gunung Jati.

Ahmad Nur Hidayat, selaku owner menyebutkan buah naga kuning merupakan salah satu varietas yang jarang ditemukan dibanding buah naga merah, yang justru menambah keunikan dari usaha miliknya.

“Buah naga kuning dibanding yang merah memiliki harga dan manfaat yang lebih baik. Cocok dengan nama Kuningan dengan buah naga kuning, sehingga ke depan ketertarikannya berasal dari nama buah naga kuning dan Kuningan

Awalnya, Sangkanika memiliki 300 buah pohon naga kuning, sekarang telah bertambah menjadi lebih dari 4.500 pohon.

“Kesemuanya berada di lahan dua setengah hektar. Kami berharap keberadaan kami dapat menambah destinasi wisata di Kuningan” lanjutnya.

Dalam sambutannya, Iip Hidajat mengapresiasi kehadiran Sangkanika Edugarden yang seiring jalan dengan upaya Pemda Kuningan untuk menambah kunjungan destinasi wisata.

“Selain menghadirkan Calendar Of Event sepanjang tahun 2024, kami juga mendorong masyarakat dan para pelaku usaha untuk mendatangkan kunjungan wisatawan sebanyak banyaknya ke Kuningan. Apresiasi dari kami, kendatipun owner kelahiran Jakarta, tetapi karena beliau orang tuanya asli Sangkanurip jadi mengabdi ke Kuningan lewat usaha yang ia kembangkan”

Iip berharap varietas buah naga kuning semakin di kenal oleh masyarakat. Karenanya Iip menghimbau kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian agar melakukan pengembangan.

“Selain itu kepada disdikbud untuk mendorong peserta didik berkunjung kesini sebagai wisata edukasi” lanjut Iip.

Dikesempatan yang sama Sekda Dian menambahkan bahwa keberadaan Sangkanika Edugarden ini dapat semakin menguatkan Kuningan sebagai destinasi tujuan wisata. (BagProkompim/SetdaKuningan)