oleh

Sekda Hadiri Launching Sales Outlet Garuda Indonesia

-Berita, Utama-198 Dilihat

CIREBON – Gebyar Karnaval PAUD Tahun 2023 tingkat Kota Cirebon di atrium Grage City Mall berlangsung meriah, Rabu (9/8/2023). Ribuan anak didik dari berbagai Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mengikuti lomba karya seni rupa dua dimensi atau kolase. 

Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati bersyukur, Gebyar Karnaval PAUD dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional dan Hari Kemerdekaan ke-78 RI ini disambut antusias anak-anak dari berbagai PAUD di Kota Cirebon. 

“Dinas Pendidikan Kota Cirebon sukses mengajak anak-anak mengikuti lomba dengan penuh sukacita,” kata Eti usai membuka acara tersebut. 

Eti menambahkan, Gebyar Karnaval PAUD merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon memberikan ruang kepada anak-anak untuk berkarya. Sehingga anak-anak mampu mengembangkan diri dan membentuk karakter yang baik. 

“Sudah menjadi kewajiban Pemda Kota Cirebon memberikan ruang untuk anak berkreasi sekaligus membentuk karakter agar menjadi baik,” ujarnya.

Eti berharap, lomba kolase mampu mengembangkan imajinasi, kreativitas, rasa estetika, sekaligus melatih kesabaran dan ketelitian. Sehingga keterampilan anak-anak berkembang optimal sesuai dengan apa yang diharapkan. 

“Tentunya harapan kami, anak-anak ke depan bisa membanggakan nama orang tua dan Kota Cirebon dengan prestasi,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Peserta Didik PAUD, Disdik Kota Cirebon, Yeni Supanti, S.Pd., mengatakan, total ada 1.200 peserta yang berasal dari 100 PAUD memeriahkan lomba kolase. 

“Hanya satu lomba tapi 5 kategori yaitu mandiri, kreativitas, berkarakter, unik dan kerapihan,” katanya.

Lomba kolase ini, menurut Yeni, untuk melatih emosional anak dan kesabaran. Sebab, dalam membuat satu gambar kolase, dibutuh waktu yang cukup lama untuk menyusun satu-persatu bahan sampai membentuk gambar yang diinginkan. 

“Panitia akan mengarahkan, gambar apa yang diinginkan anak. Jadi memang butuh ketelitian dan kesabaran,” katanya.