oleh

Peringati HUT ke 78 RI, Perangkat Daerah Kuningan  Gelar Upacara

-Berita-178 Dilihat

KUNINGAN– Dalam rangka memperingati HUT ke 78 Kemerdekaan  Republik Indonesia, seluruh  Perangkat Daerah di wilayah Kabupaten Kuningan  menggelar upacara  dilingkungannya masing-masing. Hal tersebut juga dilakukan  Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan dengan Pembina Upacara Kadis Diskominfo Dr, Wahyu Hidayah, M.Si, dihalaman kantor, Rabu  (17/8/2023).

Upacara  yang digelar dan berlangsung khidmat  dilaksanakan Pukul 7.30 WIB tersebut, diawali dengan laporan pemimpin upacara, mendengarkan Indonesia Raya, mengheningkan cipta,  pembacaan teks Pancasila, pembacaan Pembukaan UUD 45, pembacaan Doa, pembacaan Teks Proklamasi oleh Pembina upacara, dilanjutkan pembacaan Sambutan  Bupati Kuningan.

Dalam sambutannya Bupati Kuningan H. Acep Purnama menyampaikan, tema peringatan tahun ini adalah “Terus Melaju untuk Indonesia Maju,” mendorong kita sebagai bangsa untuk terus berjuang melanjutkan pembangunan demi kemajuan Indonesia. Terbukti dengan pembangunan infrastruktur, peningkatan investasi, pertumbuhan ekonomi yang semakin kuat, serta birokrasi yang efektif. Semangat kemajuan inilah yang menjadikan bangsa Indonesia melesat lebih tinggi, mengejar ketertinggalan.

“Peringatan kali ini menjadi momentum bagi kita agar selalu menjaga api dan semangat juang kemerdekaan untuk tetap menyala. Jangan biarkan api semangat ini redup apalagi padam, karena ini menjadi kekuatan dan jati diri kita sebagai bangsa. Kita tidak pernah gentar dan pantang surut menghadapi persoalan dan tantangan,” katanya.

Oleh karena itu,  Bupati Kuningan mengajak seluruh komponen  untuk mengambil peran penting dalam proses pembangunan. Bagi para aparatur, baik di desa maupun di lingkungan pemerintahan daerah, agar senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Menjadi garda terdepan sebagai perekat pemersatu bangsa, wujudkan cinta dan kasih terhadap sesama dan Tenaga pendidik agar senantiasa memberikan inspirasi, meneruskan ilmu pengetahuan, membelai anak-anak kita dengan budi pekerti yang luhur, serta mempersiapkan para penerus bangsa dengan SDM berkualitas.

Para insan medis agar berada pada garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan. Mari berikan pelayanan dengan setulus hati, semangat mengabdi, sehingga tercipta lingkungan yang sehat dan lestari, dan  para petani agar terus merawat tanah, memetik hasil panen terbaik, sehingga tercipta ketahanan pangan. Untuk pelaku usaha agar selalu bersemangat untuk melahirkan produk unggulan, menjajakan dagangannya, serta menciptakan pasar seluas-luasnya dengan didukung teknologi informasi, sehingga ekonomi terus berputar dan kita bisa mewujudkan ketahanan ekonomi.

“Tahun 2023 ini merupakan tahun terakhir masa kepemimpinan  selaku Bupati, bersama Bapak HM Ridho Suganda selaku Wakil Bupati Kuningan. Melalui momentum ini, saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tergabung dalam Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) atas dedikasi, loyalitas, dan pengabdiannya, serta kepada masyarakat Kabupaten Kuningan yang telah memberikan sumbangsih dalam menjalankan kehidupan bernegara dan berbangsa dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Bupati Kuningan menuturkan, dengan mengusung visi Kuningan Maju (Ma’mur, Agamis, Pinunjul) berbasis desa. Sejak 2018 lalu kita gaungkan dan implementasikan dengan berbagai program. Namun, tetap melaju kendati adanya pandemi COVID-19 dan keterbatasan anggaran. Berkat kerja keras kita bersama, sinergitas multipihak, selama 5 tahun menjalankan roda pemerintahan, banyak yang telah kita lakukan dan capai. Sekarang saatnya “Mungkas Udagannu Sajati” bagi Kuningan tercinta.

Untuk informasi terkait capaian pembangunan yang telah kita perjuangkan bersama-sama. Bupati Kuningan menyebutkan, diantranya Infrastruktur,  pembangunan jalan lingkar timur utara guna memangkas arus distribusi barang dan jasa sehingga menciptakan ruang investasi sebesar-besarnya.Revitalisasi kawasan terbuka hijau, kawasan ruang terbuka publik, penataan taman atau alun-alun, serta program revitalisasi pasar.

Sektor pariwisata, antara lain pengembangan objek wisata dan terbukanya investasi sehingga pemanfaatan sumber daya alam bisa optimal. Ini berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan pertumbuhan ekonomi, dan Sektor pertanian telah dibangun Jalan Usaha Tani (JUT) dan perbaikan irigasi secara merata di Kabupaten Kuningan dengan harapan dapat terwujudnya ketahanan pangan.

Peningkatan kualitas sumber daya manusia, Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan senantiasa konsisten dalam upaya peningkatan SDM, baik melalui penanaman nilai-nilai keagamaan, peningkatan pelayanan pendidikan, maupun peningkatan pelayanan kesehatan.

Selain itu, Bupati Kuningan juga menyampaikan  terima kasih atas dorongan dan kerja sama baik aparatur maupun masyarakat atas beragam prestasi Kabupaten Kuningan, antara lain, Raihan WTP 9 kali berturut-turut sebagai bukti bahwa penyelenggaraan pengelolaan keuangan negara dilaksanakan secara wajar dalam semua aspek.

Belum lama ini mendapatkan penghargaan, diataranya Penghargaan Anugrah Kebudayaan dari Dewan Pers RI yang diserahkan oleh Presiden RI di Medan, meraih tanda kehormatan “Satyalencana Wira Karya” dari Pemerintah Republik Indonesia. Penghargaan lencana itu diberikan dalam bidang koperasi dengan mengusung tema transformasi ekonomi berkelanjutan melalui pembangunan KUKM berbasis desa Pinunjul. Selanjutnya, pada pengembangan kemandirian desa, Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan telah menunjukkan kemajuan yang signifikan karena dari 361 desa/kelurahan tidak ada lagi desa tertinggal dan desa sangat tertinggal.

Bupati Kuningan mengatakan, berbagai capaian itu menunjukkan bahwa proses pembangunan yang kita lakukan berjalan semakin cepat dan langkah kita serempak. Namun disadari  hasil yang diraih masih belum sempurna. Untuk itu, kami masih memerlukan dukungan, doa, dan kolaborasi dari pemangku kepentingan (stakeholder) agar apa yang kita capai sesuai dengan harapan.

“Akhirnya, perlu saya sampaikan bahwa pada bulan Desember mendatang, saya dan Bapak H.M Ridho Suganda akan berakhir sebagai Bupati dan Wakil Bupati. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, namun tetap semangat dan berbagai upaya dalam membangun Kuningan harus tetap berlanjut. Semoga Allah SWT senantiasa  melindungi dan meridoi setiap langkah  baik kita. Aamiin, Ya Rabbal Alamiin. Merdeka,” ajaknya. (IKP/DISKOMINFO)