oleh

Peringati Hari Kesehatan Nasional ke- 55, Pemkot Surakarta Laksanakan Upacara

-Berita-327 Dilihat

Senin (11/11/2019) bertempat di Halaman Balaikota Surakarta, Pemerintah Kota Surakarta menggelar Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke – 55 Tahun 2019 dengan tema “Generasi Sehat Indonesia Unggul.”

Peserta upacara diikuti beberapa Rumah Sakit yang ada di Solo seperti RS Triharsi, RS Dr Oen, RS Moewardi, RS Kasih Ibu, RS Kustati, dan perwakilan setiap OPD Pemerintah Kota Surakarta. Selain itu diikuti oleh akademisi kesehatan dan organisasi profesi seperti Ikatan Dokter Indonesia, Ikatan Apoteker Indonesia.

Pada kesempatan ini Walikota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo menyampaikan amanat Menteri Kesehatan RI bahwasanya dalam perspektif saat ini pembangunan kesehatan menekankan dua penguatan, yaitu optimalisasi inovasi layanan kesehatan dan harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan. Optimalisasi inovasi layanan kesehatan dimaksudkan untuk meng-efisiensikan tindakan-tindakan yang mahal dengan mengoptimalkan inovasi pelayanan kesehatan dan penyediaan obat dan alat kesehatan produk lokal dalam negeri tanpa mengurangi kualitas dan mutu.

Sementara harmonisasi kepentingan pemangku
kebijakan terkait konektivitas antar kementerian dan lembaga, lintas sektor maupun unit-unit kerja lintas program terkait lebih ditingkatkan, agar tidak terjadi tumpang tindih, sehingga fokus pada pemecahan masalah kesehatan.

Tentu, semua itu membutuhkan dedikasi dan profesionalitas kinerja segenap pemangku kepentingan dalam sektor kesehatan di tingkat pusat dan daerah.

“Kita berharap Generasi Sehat yang kita
perjuangkan bersama dapat menjadi SDM Unggul yang akan mengisi 100 tahun Indonesia merdeka pada tahun 2045 yang bertepatan saat bonus demografi untuk mengantarkan Indonesia menjadi negara yang maju, makmur dan sejahter,” terangnya.

Bersamaan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional, Pemerintah Kota Surakarta memberikan penghargaan kepada Puskesmas untuk Status Akreditasi Paripurna :
1. Puskesmas Stabelan
2. Puskesmas Kratonan
3. Puskesmas Ngoresan
4. Puskesmas Sibela
5. Puskesmas Sangkrah

Puskesmas untuk Status Akreditasi Utama :
1. Puskesmas Gajahan
2. Puskesmas Jayengan
3. Puskesmas Pucangsawit
4. Puskesmas Pajang
5. Puskesmas Nusukan

Dan Peringkat 1 Puskesmas berprestasi diraih oleh Puskesmas Kratonan.