oleh

Pasar Kasin Menuju Pasar Berlabel SNI 8152-2021

-Berita-1506 Dilihat

Malang (malangkota.go.id) – Setelah tahun lalu Pasar Oro-oro Dowo ditetapkan menjadi pasar yang memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI) 8152-2021 oleh Lembaga Sertifikasi Sucofindo, kini giliran Pasar Kasin yang akan menyandang label serupa pada tahun ini. Berbagai persiapan terkait sarana prasarana terus dipersiapkan oleh pihak Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang.

Pasar Kasin dalam tahun ini yang ditargetkan berlabel SNI 8152-2021 (ist)

Seperti halnya ruang menyusui, toilet yang bersih, musala, pembuangan dan pengelolaan sampah serta tempat merokok. Pernyataan itu yang disampaikan Kepala Bidang Perdagangan Diskopindag Kota Malang, Sapto Wibowo, SH., M.Hum saat dihubungi via ponselnya, Selasa (21/6/2022).

Saat ini, kata dia, terkait persiapan tersebut, saat ini pihak Kementerian Perdagangan sedang memberikan pendampingan guna memenuhi 46 item persyaratan yang ditentukan pihak lembaga sertifikasi. Sejauh ini, disampaikan Sapto, pihaknya sedang menunggu surat dan pemberitahuan lebih lanjut dari Kementerian Perdagangan, apa saja fasilitas yang kurang maupun yang harus diperbaiki.

“Namun pada intinya kami sudah siap dan karena telah melakukan persiapan yang optimal sejak beberapa waktu lalu. Saat ini tinggal melengkapi saja jika ada yang kurang. Kami pun optimis, apa yang menjadi persyaratan akan terpenuhi dengan baik,” imbuhnya.

Lebih lanjut Sapto mengatakan, bahwa pada Rabu (22/6/2022) direncanakan dari tim Kementerian Perdagangan akan melakukan kunjungan ke Pasar Kasin. Hal ini untuk memastikan berbagai kesiapan sarana prasarana penunjang dalam program sertifikasi pasar (sehat) rakyat ini. (say/ram)