oleh

E-KLIPING PEMERINTAH DAERAH KOTA CIREBON – SENIN, 3 JULI 2023

-Berita, Utama-186 Dilihat

CIREBON – Pentingnya menjaga stabilitas keamanan jelang tahun kontestasi politik 2024 menjadi salah satu isu strategis yang dihadapi Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Pencegahan terhadap segala potensi kerawanan yang dapat mengganggu stabilitas keamanan sangat penting dilakukan. Tidak hanya oleh Polri, melainkan semua pihak secara bersama-sama.

Hal tersebut seperti disampaikan Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati saat memberikan sambutan dalam apel dan syukuran Peringatan Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023 tingkat Kota Cirebon, di halaman gedung Sekretariat Daerah (Setda) Kota Cirebon, Sabtu (1/7/2023).

“Oleh sebab itu, sudah sepatutnya bagi kita semua untuk bersinergi dan berkolaborasi agar tugas Polri yang semakin berat itu dapat dihadapi bersama,” kata Eti.

Hari Bhayangkara tahun ini mengusung tema “Polri Presisi untuk Negeri, Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju”. Menurut Eti, tema tersebut sangat relevan dengan situasi saat ini. Segala potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) jelang tahun politik harus diantisipasi dengan baik.

“Bentuk antisipasi itu salah satunya melalui inovasi kelembagaan yang semakin adaptif dan responsif. Polri juga harus menjalin kerja sama dengan segenap pemangku kepentingan,” ujarnya.

Eti berharap, sinergi dan kolaborasi antara Pemda Kota Cirebon dengan Polri mampu menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, terutama saat mendekati maupun dalam pelaksanaan hajat demokrasi di tahun 2024.

“Semoga segenap personel Polri diberikan kekuatan, kesehatan, dan keteguhan hati dalam menjalankan tugas,” kata Eti.

Di tempat yang sama, Kapolres Cirebon Kota, AKBP Ariek Indra Sentanu, S.H., S.I.K., M.H., mengatakan, pihaknya mengajak masyarakat untuk bersikap bijak dalam menghadapi Pemilu 2024.

Beberapa potensi ancaman, sambung Ariek, ialah melalui media sosial. Semisal paparan disinformasi, hoaks, fitnah, adu domba dan sebagainya yang berpotensi mengganggu stabilitas kamtibmas di Kota Cirebon.

“Mari kita wujudkan pesta demokrasi serentak pada tahun 2024 berjalan dengan damai. Jangan sampai mengganggu keamanan, ketertiban, persatuan dan kesatuan,” kata Ariek.

Pihaknya juga berterimakasih kepada Pemda Kota Cirebon dan masyarakat yang telah membantu tugas Polri. Khususnya dalam menjaga stabilitas kamtibmas di wilayah hukum Polres Cirebon Kota.

“Semoga di usia yang ke-77 ini, Polri semakin mampu memberikan pelayanan yang lebih profesional, berintegritas dan penuh tanggung jawab,” katanya.