oleh

Ziarah Ke Makam Leluhur Dalam Rangkaian Hari Jadi Kuningan ke 525, Acep; Ruang Mengingat Jasa Pendahulu

-Berita-57 Dilihat

KUNINGAN/CIREBON – Setelah agenda Khitan massal, Istigosah dan Babarit, Agenda selanjutnya dalam rangkaian Hari Jadi Kuningan ke 525 adalah Ziarah ke Makam Leluhur. Diikuti oleh segenap Forkpimda, jajaran Pemerintah Daerah kabupaten Kuningan, Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD), Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan Organisasi kemasyarakatan dan Keagamaan, Direktur Rumah Sakit, Pimpinan BUMN dan BUMD. Ziarah dibagi menjadi 4 tim yang mengunjungi ke berbagai titik Makam di Kabupaten Kuningan (Selasa, 29/08/2023).

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, yang memimpin tim 1, bersama Wakil Bupati Kuningan, H M. Ridho Suganda, Sekretaris Daerah Kuningan, Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, Msi, bersama pejabat Forkopimda lain, dan Ketua TP PKK, Wakil Ketua TP PKK serta Ketua Dharma Wanita Persatuan melaksanakan ziarah di 4 titik.

Persinggahan pertama di Makam Gede, yang ber Ziarah ke Makam Arya Kamuning, Makam Mantan Bupati Kuningan alm. Karli Akbar dan Makam Syekh Maulana Akbar. Persinggahan kedua di Winduherang, Makam Pangeran Adipati Ewangga dan makam Pangeran Rama Jaksa Patikusuma. Persinggahan ketiga di Winduhaji, yang ber Ziarah ke Makam Bupati terdahulu, yakni alm. Aang Hamid Suganda dan alm. Utje Suganda serta di Persinggahan terakhir di Cikaso, yang ber Ziarah ke Makam Bupati terdahulu, alm. H. Subandi.

Sementara tim II, III dan IV Berziarah ke beberapa titik lain seperti Makam Rama Eyang Weri (Awirarangan), Makam Syech Dako (Lengkong), Makam arifin Setiamiharja (Luragung) dan Makam Raden Aruman Wirananggapathi (Ciwaru).

Usai melakukan ziarah ke makam leluhur di Kabupaten Kuningan, seluruh tim melanjutkan ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati di Cirebon.

Bupati Kuningan, disela-sela kegiatan ziarah mengatakan, agenda ziarah ke makam leluhur menjadi agenda rutin dalam menyambut Hari Jadi Kuningan. Selain tabur bunga, sejumlah peziarah mengikuti tahlil dan memanjatkan do’a kepada Allah SWT.

“Tentu hal ini bertujuan agar kita senantiasa mengingat jasa-jasa para pendahulu. Perjuangan para leluhur kita yang telah membangun Kabupaten Kuningan. Hana Nguni Hana Mangke, Tan Hana Nguni Tan Hana Mangke, ada dahulu ada sekarang, tak ada dahulu tak ada sekarang,” ungkapnya.

Menginjak tahun terakhir masa kepemerintahan, Bupati, Wakil Bupati dan Sekda Kuningan yang biasanya terbagi dalam beberapa tim, kali ini melakukan ziarah dengan tim yang sama. (BagProkompim/SetdaKuningan)