oleh

Wujudkan Kondusifitas, Para SATLINMAS Diberikan Pelatihan

-Berita-228 Dilihat

KUNINGAN-Dalam rangka meningkatkan kedisiplinan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (SATLINMAS) dan pengamanan Pemilihan Kepala Desa 2023, serta Pemilihan Umum Presiden dan Kepala Daerah Tahun 2024. Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH memberikan arahan pada kegiatan pelatihan Anggota SATLINMAS Desa se-Kabupaten Kuningan Tahun 2023, yang diselenggarakan di Aula Montana Hotel Kuningan. Jum’at (14/7/2023).

Hadir juga pada kesempatan tersebut Kepala Satpol PP Drs. Agus Basuki, M.Si dan Kepala DPMD Drs. H. Dudi Pahrudin, M.Si. Dimana kegiatan pelatihan SATLINMAS ini merupakan pelatihan gelombang pertama yang diikuti oleh 180 anggota SATLINMAS.

Pada kesempatan tersebut Bupati Acep menyampaikan bahwa ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat merupakan urusan pemerintahan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar yang menjadi kewenangan daerah. Dan dalam teknis pelaksanaannya ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat dilaksanakan oleh Satuan Polisi Pamong Praja yang ditangani oleh bidang perlindungan masyarakat.

“Maka dari itu perlindungan masyarakat adalah suatu keadaan dinamis dimana warga masyarakat disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan yang ada di desa dan kelurahan”, Ungkap Bupati.

Lebih lanjut SATLINMAS juga membantu penanganan ketenteraman, ketertiban dan keamanan pada penyelenggaraan pemilu, dan membantu upaya pertahanan negara. Dalam melaksanakan tugasnya dilapangan SATLINMAS dibantu oleh potensi masyarakat, sehingga potensi masyarakat harus memiliki kemampuan, pengetahuan serta keterampilan yang berhubungan dengan tugas SATLINMAS, oleh karena itu potensi masyarakat perlu diberikan peningkatan pemahaman potensi perlindungan masyarakat agar dapat menciptakan situasi dan kondisi lingkungan yang aman, tentram dan tertib.

Ia juga berharap pada seluruh anggota SATLINMAS dan potensi masyarakat menjadi garda terdepan dalam penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil kerugian akibat bencana, serta saya juga mengharapkan bantuan anggota SATLINMAS dan partisipasi masyarakat sehingga pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak serta pemilu serentak 2024 dapat berjalan dengan lancar dan sukses tanpa adanya gangguan keamanan, ketentraman dan ketertiban umum yang signifikan.

“Selain itu melalui pelatihan anggota SATLINMAS ini juga sebagai upaya kita dalam rangka meningkatkan pemahaman anggota SATLINMAS dan potensi perlindungan masyarakat di Kabupaten Kuningan. Dan saya pandang pelatihan ini sebagai langkah yang tepat, karena peserta yang hadir adalah para anggota SATLINMAS dari desa-desa yang ada di Kabupaten Kuningan yang dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan keterampilan anggota SATLINMAS dalam membantu mewujudkan kondusifitas kewilayahan”, Tuturnya. (BagProkompim/SetdaKuningan).