16 Mei 2022
oleh

Webinar Smart Netizen, Kolaborasi Muspen dan Diskominfostandi Kota Bekasi

-Berita-37 Dilihat

Webinar Smart Netizen, Kolaborasi Muspen dan Diskominfostandi Kota Bekasi

By Admin 21 Oktober 2020 21 Views

BEKASI – Literasi digital menjadi sebuah kemampuan yang harus dimiliki di era digitalisasi untuk menyaring informasi agar terhindar dari hoax. Sebagai edukasi bagi masyarakat, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Bekasi bekerjasama dengan Museum Penerangan (Muspen) Kemenkominfo RI menyelenggarakan Live Webinar Smart Netizen Turn Back Hoax. Rabu, (21/10/2020).

Narasumber dalam webinar ini adalah Yosi Mokalu dari Siber Kreasi, dan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Bekasi Drs. Hudi Wijayanto, M.Si. Dalam webinar ini selain paparan dari para narasumber juga disampaikan kuis interaktif yang dimoderatori oleh Nadhratul Aini Naim, S.Kom Pranata Humas Kota Bekasi.

Yosi Mokalu menyampaikan paparannya dimulai dari data media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia. Selanjutnya Yosi Mokalu menekankan bahwa pentingnya kehati-hatian dalam berinteraksi digital, untuk itu pentingnya literasi digital sebagai filter dalam menerima dan menyampaikan informasi yang didapat terutama di media sosial.

Kadis Kominfostandi Kota Bekasi juga menyampaikan pesan terkait pencegahan penyebaran hoax dengan melakukan saring sebelum sharing. “Kaitan dengan berita bohong atau hoax kita harus lebih bijak dalam menerima informasi, harus tahu ciri-ciri berita hoax, sumber berita yang jelas dan ada media pembanding sebelum kita sampaikan informasi yang kita dapat.” Tungkasnya.

Antusias masyarakat dalam mengikuti webinar ini cukup baik, terbukti dari jumlah peserta yang mendaftar hingga mencapai 331 peserta dan peserta yang terdaftar dalam webinar akan mendapatkan e-sertificate dari Museum Penerangan. Diharapkan dari penyelenggaraan webinar Smart Netizen Turn Back Hoax ini akan mampu menambah kewaspadaan terhadap informasi yang beredar dan dapat terhindar dari berita hoax dan dampak buruknya, sehingga pada akhirnya bisa meningkatkan literasi digital di era teknologi informasi yang begitu berkembang khususnya pada masa pandemi sekarang ini. (IF-PIP)

Tags : Muspen Kemenkominfo RI,Diskominfostandi

Sumber : Bekasikota.go.id

Kabar Terbaru