oleh

Waspada Bahaya Longsor dan Banjir Akibat Hujan Intens

-Berita, Utama-156 Dilihat

Waspada Bahaya Longsor dan Banjir Akibat Hujan Intens 231

BERITA BOGOR – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengimbau masyarakat untuk waspada terjadinya hujan yang intens di berbagai daerah di Jawa Barat mengakibatkan banjir dan longsor.

Sebelum terjadinya tanah longsor dan banjir, BMKG dan BNPB telah mengirimkan peringatan dini cuaca untuk tanggal 8-10 Januari 2021. 

“Telah bencana tanah longsor di Kabupaten Sumedang, Sabtu, 9 Januari 2021. Personil TRC BPBD, Basarnas dan TNI/Polri pun diterjunkan untuk melakukan evakuasi,” imbaunya saat meninjau lokasi tanah longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, pada Minggu (10/01/2021).

“Bencana longsor  tebing setinggi 20 m dan panjang 40 m longsor menimpa 14 Rumah rusak berat serta menimbulkan ​13​ korban jiwa dan ratusan warga mengungsi,” terangnya. 

Baca juga :  Pabrik Pakan Ternak Kampung Kelinci Tenjolaya

Fenomena cuaca

Sirkulasi siklonik yang terpantau di perairan barat Aceh, yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari perairan barat Aceh bagian selatan hingga perairan utara Aceh bagian utara, juga terpantau di Samudra Hindia Selatan Banten dan wilayah lainnya di Indonesia.

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut, dan dapat berdampak pada berbagai wilayah di Indonesia termasuk di Provinsi Jawa Barat.

Peringatan dini

Terkait cuaca Jawa Barat tanggal 9 Januari 2021, BMKG menginformasikan Peringatan Dini pada pukul 14.10 WIB: berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, termasuk di Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Baca juga :  FUI Desak Hary Tanoe Batalkan Miss World

Sebelumnya, BNPB mengirimkan SMS peringatan dini cuaca untuk wilayah Kab. Bandung pada tanggal 8 Januari 2021: ‘Waspadai potensi banjir Kab. Bandung 9/1/2021. Amati situasi genangan, amankan barang penting/berharga, siap dan siaga untuk evakuasi ke tempat aman’

Tak hanya itu, Stasiun Klimatologi Bogor, BMKG juga telah memberikan peringatan diri terhadap potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada waktu menjelang siang hingga sore dan malam hari diwilayah Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bekasi dan wilayah Jawa Barat lainnya. (hum) 

Baca Artikel Aslinya

Kabar Terbaru