oleh

Warga Miskin Tak Punya Televisi Kembalikan Bantuan STB

-Berita-140 Dilihat
Warga Miskin Tak Punya Televisi Kembalikan Bantuan STB 239

Bantuan STB di Babakan Madang

BERITA BOGOR – Warga miskin tidak memiliki televisi (TV) yang kemudian mengembalikan bantuan Set Top Box (STB) Gratis tentunya patut dijadikan teladan dan apresiasi setinggi – tingginya atas kejujurannya ketika Pemerintah Kabupaten Bogor menyalurkan bantuan STB Gratis.

Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika menggulirkan program migrasi siaran TV analog ke siaran TV digital, atau yang dikenal sebagai Analog Switch Off (ASO) pada November tahun 2022 ini. dan secara bertahap pemerintah pusat membagikan bantuan STB bagi warga desa kurang mampu alias miskin guna mendukung program tersebut 

Bantuan Set Top Box (STB) mulai disalurkan kepada warga desa yang dikategorikan kurang mampu atau miskin yang disalurkan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor sebanyak 284.525 STB gratis. Namun, tidak semua warga miskin yang mendapat bantuan, terutama yang tidak memiliki pesawat TV.

Baca juga :  SMAN 1 Babakan Madang Giatkan Penghijauan dan Peduli Lingkungan

Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan juga mengatakan Pemerintah Kabupaten Bogor mendukung program tersebut, secara simbolis bantuan STB gratis kepada salah satu warga Kecamatan Cijeruk, pada Selasa (30/8/2022).

Pembagian STB gratis ini tertuang dalam Radiogram Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor : 978/3406/SJ, klasifikasi segera, tentang Bantuan Set Top Box (STB) bagi Rumah Tangga Miskin dan surat undangan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia nomor :B-1285/DJPPI.5/PI.04.02/08/2022.

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengungkapkan, seiring dengan perkembangan teknologi digitalisasi perlu kesiapan semua pihak termasuk masyarakat, untuk menyukseskan peralihan dari TV analog ke TV digital, salah satunya melalui program bantuan STB gratis bagi masyarakat kurang mampu.

Salah seorang penerima Program STB gratis, warga Desa Palasari Kecamatan Cijeruk II Inta menyatakan, sangat bersyukur dan terima kasih kepada pemerintah yang telah memberikannya alat STB secara gratis. “Paling mau saya pakai untuk nonton RCTI, Indosiar dan SCTV, mudah-mudahan Kabupaten Bogor kedepannya lebih maju, dan semoga yang lain juga bisa dapat STB gratis seperti saya,” pungkasnya. 

Baca juga :  Publikasi Forum Perangkat Daerah Penyusunan Renja DPMD Kabupaten Bogor Tahun 2023

Sebelumnya, Sejumlah warga RW 08 Desa Karang Tengah Kecamatan Babakan Madang mengembalikan bantuan STB karena dianggap tidak bermanfaat bagi warga miskin yang tidak memiliki pesawat TV.

Ketua RW 08, Idin mengungkapkan bantuan STB TV Digital yang sudah diantar oleh pihak Pemerintah Desa Karang Tengah akhirnya dikembalikan, karena nama warga yang didaftar sebagai penerima ternyata tidak memiliki pesawat televisi. “Warga ga punya TV jadi buat apaan alat itu, sekarang sudah dibawa lagi oleh pegawai desa,” ungkapnya, Minggu (28/8/2022) kemarin.

Kepala Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo Kabupaten Bogor Iskandar Zulkarnain, dilansir dari media massa pada pekan lalu, menjelaskan bahwa pada prinsipnya pendistribusian dilakukan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten Bogor turut membantu menyukseskan program tersebut. Pihaknya juga turut membantu verifikasi dan validasi data penerima bantuan STB sesuai kriteria yang telah ditetapkan. (als)

Warga Miskin Tak Punya Televisi Kembalikan Bantuan STB 240

Warga Cijeruk terima bantuan STB

Artikel Terkait :

Baca Artikel Aslinya