oleh

Warga Keluhkan Permainan Capit Boneka

-Berita-957 Dilihat

Warga Keluhkan Permainan Capit Boneka 239

BERITA BOGOR – Claw machine atau mesin capit boneka semakin merambah ke desa – desa hingga ke pelosok perkampungan warga khususnya di wilayah Kabupaten Bogor.

Jenis permainan ini ternyata cukup digemari oleh anak – anak usia sekolah dasar hingga remaja, hanya dengan koin seharga Rp1000,- tak terasa sudah menghabiskan uang jajan untuk peruntungan memperoleh boneka yang berada di mesin tersebut.

Salah satunya ditemukan kerumunan anak -anak sedang bermain dengan mesin capit boneka di sebuah warung Kampung Wangun Dua yang terletak dipelosok Desa Karang Tengah Kecamatan Babakan Madang. Tokoh warga setempat, H Entip mengaku khawatir permainan dapat mempengaruhi mental anak-anak.

“Tentunya bisa bikin ketagihan untuk bermain capit boneka, bisa bikin penasaran kalau belum dapat bonekanya yang tentunya akan minta uang lagi ke orangtuanya untuk bermain kembali,” keluhnya, Selasa (01/03/2022).

Baca juga :  Belum Kantongi Perijinan Lingkungan Hidup Perbukitan Tapal Batas Bogor Timur Dirusak

Hal senada juga diucapkan Tak hanya disitu, di Desa Sukamulya Kecamatan Sukamakmur juga ada mesin capit boneka, hal ini juga dikeluhkan Tokoh Warga Kampung Awi Lega Desa Sukamulya, Agus Sulaiman.

“Itu permainan yang menyenangkan bagi anak-anak kalau berhasil dapat boneka, juga menyebalkan ketika tidak mendapatkan boneka yang diinginkan. Ini kan bisa merusak mental anak jadi ketagihan menghabiskan uang jajan hanya untuk peruntungan ga ada bedanya dengan dampak akibat main gosokan alias lotre,” keluhnya.

Sudah habis banyak uang untuk memasukan koin, kata Agus Sulaiman, tapi sepertinya terbuang percuma. “Apalagi saat ini masih pandemi Covid-19 untuk mendapatkan uang harus ekstra kerja keras, sementara anak-anak meminta uang kepada orangtuanya dengan alasan untuk jajan makanan tetapi justeru ketagihan bermain mesin capit boneka,” tambahnya.

Baca juga :  Truk Tambang Bogor Timur Tabrak Perbup Bogor

Sementara, Sekdes Sirnajaya Kecamatan Sukamakmur, Mulyani, menghimbau kepada para orang tua khususnya di Desa Sirnajaya untuk selalu mengawasi anak-anaknya ketika membelanjakan uang jajan.

“Saya pernah lihat juga ada warung yang tersedia mesin capit boneka tapi sekarang saya belum pantau lagi. Oleh karena itu diharapkan para orangtua lebih ketat mengawasi anak-anaknya supaya tidak ketagihan bermain di mesin tersebut yang akan menimbulkan kerugian secara materil maupun mental anak,” imbau Mulyani ditemui Rakyat Bogor.

Menurut keterangan pekerja sebuah agen mesin capit boneka di Bogor, Arif, bahwa untuk bisa bekerja sama dalam usaha permainan anak tersebut dapat membayar sewa mesin capit boneka yang memiliki daya listrik 60 watt seharga Rp250 Ribu perbulan sudah termasuk tersedia aneka boneka didalamnya.

Baca juga :  Budi Daya Jamur Tiram Berpotensi Dongkrak Ekonomi

“Kapasitas box koin sebanyak 400 koin, setiap 100 coin, si penyewa akan kita berikan bagi hasil 5 persen. Kalau mau pesan bisa datang ke mess capit boneka di Jalan Pandu Raya komplek IPB nomor 26B, atau bisa langsung hubungi admin CV.G cabamg Sukabumi,” ucapnya saat dihubungi. (red)

Artikel Terkait :

Baca Artikel Aslinya