oleh

Warga Giriwaringin Bahagia Menerima Hewan Qurban 4 Sapi dan 11 Kambing

-Berita-74 Dilihat

KUNINGAN – Keberkahan Hari Raya Idul Qurban dirasakan warga Desa Giriwaringin, Kecamatan Maleber. Sebanyak 4 ekor sapi dan 11 ekor kambing diterima oleh Sekda Kabupaten Kuningan, Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, dari Yayasan Insan Nur Cendikia melalui Perkumpulan Rakyat Kuningan Bersatu (PBRKB) BARABAS pada Minggu, 19 Juni 2024. Hewan qurban tersebut kemudian langsung diserahkan ke Pemerintah Desa setempat untuk warga.

Sekda Dian menyampaikan apresiasi atas kegiatan safari qurban dari yayasan  ini. Menurutnya, ada banyak hikmah yang bisa dipetik dari qurban, seperti tolong menolong, ketaatan, keikhlasan, dan berbagi kasih. Ia juga mengatkan pentingnya sinergitas antara pemerintah dan pihak swasta untuk membangun daerah.

“Berqurban adalah sebagai wujud dharma kehidupan. Hal ini dilakukan oleh Yayasan Insan Nur Cendikia yang telah peduli memberikan hewan qurban. Semoga ini menjadi spirit bagi kita semua untuk melaksanakan ibadah qurban,” ungkapnya.

Ketua PBRKB BARABAS, Sidik Gunawan, menjelaskan bahwa hewan qurban yang diserahkan sebanyak 4 ekor sapi dan 11 ekor kambing, kemudian dibagikan menjadi 700 paket daging untuk warga. 

Sidik menambahkan bahwa Desa Giriwaringin dipilih sebagai tempat penyaluran hewan qurban karena desa  belum lama ini  mengalami bencana yang berdampak pada 3 rumah tertimbun. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi dan menggelorakan semangat berqurban di kalangan masyarakat.

“Suatu kehormatan dengan hadirnya Pak Sekda dari Pemerintah Daerah. Inilah wujud kerjasama untuk membangun masyarakat dengan kepedulian sosial. Kepedulian sosial BARABAS meliputi peduli kebencanaan, santunan anak yatim, dan sumbangan pembangunan masjid,” ujarnya di hadapan Camat Maleber, para kepala desa, serta pembina dan pengurus yayasan.

Kepala Desa Giriwaringin, Sobarudin, M.Pd, mengucapkan terima kasih atas nama pemerintah desa dan warga. Ia berharap kegiatan safari qurban ini dapat menjadi media untuk terus meningkatkan kekompakan dalam membangun desa. “Warga begitu bahagia menerima daging hewan qurban,” tambahnya.

Salah satu warga, Jamil (70), juga mengungkapkan rasa syukurnya. “Kegiatan qurban seperti ini baru kali ini kami rasakan. Alhamdulillah warga dapat merasakan semuanya,” ujarnya. (IKP/DISKOMINFO)