oleh

Wali Kota Sutiaji Sebut Surya Paloh Layak Dapat Gelar Kehormatan

-Berita-163 Dilihat

Malang, (malangkota.go.id) – Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji mengucapkan selamat kepada salah satu tokoh bangsa, yaitu Surya Dharma Paloh atas penganugerahan gelar doktor honoris causa yang disematkan oleh FISIP Universitas Brawijaya Malang pada Senin (25/7/2022). Menurutnya, penganugerahan ini cukup layak dan pantas karena kiprah pria yang kerap disapa Surya Paloh itu cukup besar selama ini.

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji saat menghadiri penganugerahan gelar honoris causa bagi Surya Dharma Paloh, Senin (25/7/2022).

Meski momennya berdekatan dengan pemilu serentak pada 2024 nanti, disampaikan Wali Kota Sutiaji, penganugerahan tersebut sah-sah saja. Karena hal tersebut menjadi kewenangan pihak FISIP Universitas Brawijaya Malang. “Jika pihak kampus menganggap seseorang yang ditokohkan memenuhi kriteria untuk mendapat gelar kehormatan, ya boleh-boleh saja,” tuturnya.

Disampaikan pria berkacamata ini, begitu juga terkait dengan dunia politik tidak selamanya bisa dipandang sebelah mata namun tergantung dari siapa yang membawa. Dia mencontohkan adanya politik kebangsaan bahwasannya setiap orang berhak menjadi pemimpin dan kepemimpinan itu bukan milik sebuah kelompok atau golongan.

Lebih jauh orang nomor satu di Pemkot Malang itu mengatakan, pernyataan itu juga disampaikan Surya Paloh dalam orasinya dalam momen ini. “Sehingga ke depan diharapkan akan terlahir para pemimpin bangsa yang mempunyai nilai-nilai kumulatif terhadap semua komponen bangsa ini,” urai Sutiaji.

Sementara itu, Dekan FISIP Universitas Brawijaya Malang, Dr. Sholih Mu’adi, SH., M.Si mengatakan penganugerahan gelar kehormatan ini telah melalui berbagai pertimbangan dan penilaian yang komprehensif. “Tidak mudah untuk memberikan gelar kehormatan yang baru pertama kali dilakukan FISIP ini. Karena di awal-awal bapak Surya Paloh kurang berkenan,” ungkapnya. (say/ram)