oleh

WALHI sebut Pompa Air Tak Bisa Diandalkan Kendalikan Banjir

BERITA BOGOR – Banjir melanda Jakarta dan sekitarnya,  Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) DKI Jakarta berpendapat pompa penyedot air tak cukup diandalkan untuk mengendalikan banjir. 

WALHI sebut Pompa Air Tak Bisa Diandalkan Kendalikan Banjir 233

“Kalau untuk pompa, ini kan sangat tergantung pada curah hujan dan debit air ya. Sehingga hanya kasus saja. Untuk diandalkan sebagai pengendali banjir, tentu saja tidak strategis, kami yakin pemerintah pasti tahu,” kata Direktur Eksekutif Daerah Walhi Jakarta Tubagus Soleh Ahmadi, Jumat (19/02/2021).

Soleh menilai faktor utama banjir di DKI disebabkan kawasan resapan air yang belum memadai. Kendala ini, kata dia, sudah menjadi permasalahan sejak lama yang perlu cepat dibenahi dengan meningkatkan pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) dan wilayah resapan air.

Baca juga :  Pengamat Tata Kota Soroti Perluasan Wilayah Kota Bogor

Soleh mengatakan penilaian tersebut bisa dibuktikan dengan banjir yang saat ini masih belum surut di sejumlah titik Jakarta. Menurutnya, banjir masih terjadi karena akar penyebab bencana musiman itu belum terselesaikan. 

Namun, menurut Soleh, upaya mengantisipasi banjir di DKI juga tak bisa hanya melalui penguatan infrastruktur penunjang. Ia mengatakan Pemprov DKI juga perlu duduk bersama dengan daerah lain, seperti Bogor misalnya yang merupakan kawasan hulu. 

“Pemprov Jakarta memang memiliki program penanganan banjir. Tetapi kita kalah cepat dengan krisis global, yakni perubahan iklim yang berdampak pada cuaca ekstrem. Jadi ini memperparah keadaan, karena daya tampung lingkungan hidupnya sudah rusak,” ujarnya.

Dirinya mengatakan banyak kawasan di hulu, seperti Puncak, yang sudah dialihfungsikan menjadi lokasi perkebunan atau wisata yang cukup berperan dalam banjir DKI. (cnn

Baca Artikel Aslinya

Kabar Terbaru