oleh

Wakil Bupati Kuningan Hadiri Roadshow APDESI

-Berita-243 Dilihat

MANDIRANCAN,- Selain sebagai ajang silaturahmi, pertemuan antar kepala desa, juga menjadi hal penting untuk bersama-sama bertukar konsep dalam membangun desa. Demikian hal itu disampaikan Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M.Si, saat memberikan arahan dalam kegiatan Roadshow Dewan Pengurus Cabang Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (DPC APDESI) Kabupaten Kuningan, Sabtu (25/9/2021) di Bumi Perkemahan Trijaya, Kecamatan Mandirancan.

“Saya berharap, melalui Roadshow Konsolidasi dan Penguatan Organisasi yang diselenggarakan pada hari ini, akan menghasilkan pemikiran yang diarahkan kepada suatau pola pembangunan desa partisipatif berbasis lokal,” ujar Wabup.

Dikatakan Wabup, dengan lahirnya Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, desa memiliki posisi yang kuat sebagai institusi yang mempunyai peran sentral dan strategis dalam menentukan kebijakan, guna mewujudkan desa yang maju, mandiri, sejahtera, dan demokratis.

“Oleh karena itu, saya berkeyakinan, dengan kekuatan, kemampuan, serta potensi yang dimilki oleh kepala desa dan perangkatnya, dapat memberikan pemikiran yang konstruktif dalam memajukan penyelenggaraan pemerintahan desa. Sehingga mewujudkan desa yang maju, mandiri, sejahtera, dan demokratis di Kabupaten Kuningan dapat segera terwujud,” tuturnya.

Diakhir arahannya Wabup berharap, APDESI mampu menjadi stimulus bagi tumbuhnya minat seluruh warga masyarakat dalam mendukung pembangunan pembangunan Kabupaten Kuningan, khususnya dalam rangka mewujudkan Visi Kuningan MAJU Berbasis Desa Tahun 2023.

“Desa merupakan garda terdepan dalam menyukseskan pembangunan di segala bidang menuju masyarakat yang maju, mandiri, dan mempunyai daya saing dalam konstelasi perkembangan zaman, yang disatu sisi penuh dengan tantangan, dan di sisi lain penuh dengan peluang. Sehingga untuk meraih peluang tersebut, diperlukan upaya nyata dari kita semua,” tandas Wabup.

Sementara, Ketua DPC APDESI Kabupaten Kuningan H. Linawarman, SH, dalam laporannya menyampaikan, bahwa kegiatan roadshow tersebut diikuti oleh para kepala desa dan perangkat desa dari 35 desa di 3 kecamatan yakni, Kecamatan Mandirancan, Pasawahan, dan Kecamatan Pancalang. Adapun roadshow, sambungnya, akan dilaksanakan secara kontinu, dimana pada setiap titiknya akan diikuti oleh dua kecamatan.

“Adapun tujuan dari Roadshow ini, adalah untuk menjalin sinergitas antar kepala desa dan perangkat desa, terutama dalam menyamakan visi dan misi yang menjadi target pencapaian bersama, selaras dengan Visi Kuningan MAJU, Makmur, Agamis, Pinunjul Berbasis Desa Tahun 2023,” singkatnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala DPMD Kabupaten Kuningan, Camat Mandirancan beserta unsur Forum Koordinasi Kecamatan, para pengurus DPC APDESI Kabupaten Kuingan, serta sejumlah undangan lainnya.

Usai menghadiri kegiatan Roadhow DPC APDESI, Wakil Bupati Kuningan, melanjutkan agendanya menghadiri Ulang Tahun Palang Merah Indonesia (PMI) ke-76 yang dilaksanakan di area yang sama. Tampak hadir pada acara tersebut, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Dian Fenti Asmara, S.AP, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan dr. Hj. Susi Lusiyanti, MM, Kabag Organisasi Setda Kuningan Drs. H. Ahmad Juber, M.Si, serta jajaran PMI Kuningan. (BID IKP/DISKOMINFO)