oleh

Wakapolda Jateng Memimpin Upacara Pembukaan Diktukba Gelombang 1 2023

Wakapolda Jateng Memimpin Upacara Pembukaan Diktukba Gelombang 1 2023 1JATENG, kabarSBI.com – Wakapolda Jateng Brigjen. Pol. Abiyoso Seno Aji, S.I.K., memimpin Upacara Pembukaan Diktukba Polri Gelombang 1 T.A. 2023, 296 siswa yang dinyatakan lulus seleksi penerimaan Polri angkatan 49 TA 2023. Upacara pembukaan pendidikan tersebut digelar di Lapangan Pengayom, SPN Polda Jateng, Purwokerto, Banyumas, Selasa (7/2/23).

Turut hadir pula dalam kegiatan tersebut sejumlah PJU Polda Jateng, Ka SPN Polda Jateng, Kapolres, Kapolresta wilayah Banyumas, serta jajaran Forkopimda Banyumas.

Pembukaan Diktukba ini ditandai dengan pernyataan pembukaan oleh Wakapolda Jateng sebagai Inspektur upacara dan penyematan tanda pangkat siswa pada perwakilan peserta didik.

Saat membacakan amanat tertulis Kalemdiklat Polri Komjen. Pol. Prof. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si., Wakapolda Jateng Brigjen. Pol. Abiyoso Seno Aji, S.I.K., mengucapkan selamat kepada seluruh siswa yang mengikuti pendidikan. Mereka telah disaring melalui seleksi ketat untuk mengikuti program pendidikan di SPN Polda Jateng guna dicetak menjadi insan Bhayangkara yang memiliki mental, moral serta integritas yang baik.

“Selamat datang di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri, tempat dimana anda akan dididik, ditempa dan dilatih untuk menjadi insan Tribrata yang profesional, bermoral serta memiliki mental dan integritas yang baik,” jelas Wakapolda Jateng dalam menyampaikan amanatnya.

Pendidikan Polri tidak saja untuk memberikan ilmu pengetahuan untuk kecerdasan dan keterampilan, namun juga untuk membentuk Polisi yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan membentuk Akhlak yang mulia.

Hal ini sesuai dengan kebijakan Kapolri dalam transformasi Polri yang Presisi, pendidikan menjadi aspek penting dalam mempersiapkan SDM Polri yang unggul di era Police 4.0 agar mampu menjawab tantangan di era digital dan harapan masyarakat yang semakin tinggi kepada Polisi.

Dalam kesempatan tersebut, Wakapolda Jateng juga mengingatkan bahwa keberhasilan mereka untuk mengikuti pendidikan ini adalah berkah dari Tuhan YME atas perjuangan para peserta didik dalam mengikuti seleksi serta tidak lepas dari doa dan dukungan para orang tua/keluarga mereka.

“Oleh karena itu manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk belajar dan berlatih. Bulatkan tekad kalian untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan ini dengan baik,” tambahnya dilansir dari benuanews.com.

Adapun program pendidikan bintara dan tamtama Polri TA 2023 akan digelar dalam 2 gelombang, dengan lama pendidikan masing-masing gelombang selama 5 bulan. Gelombang 1 akan ditempuh terhitung terhitung 7 Februari 2023 hingga 6 Juli 2023.

Pembukaan pendidikan gelombang pertama yang diselenggarakan hari ini secara serentak digelar diseluruh SPN setiap Polda, Pusdik Brimob, Pusdik Polair dan Sepolwan.

Penekanan utama pada kurikulum pendidikan difokuskan pada pendidikan aspek karakter dengan penekanan pembentukan etika dan moral, santun, empati dan kasih sayang, integritas dalam pelayanan publik, serta menanamkan rasa malu bila melakukan pelanggaran dan kejahatan. Kemudian didukung aspek ilmu pengetahuan guna meningkatkan keunggulan, kreativitas dan inovasi para peserta didik.

“Kepada Ka SPN Polda Jateng beserta seluruh staf, gadik dan pelatih, saya titipkan para peserta didik agar dibentuk menjadi Polisi Sejati yang siap memberi pelayanan, perlindungan dan pengayoman pada masyarakat,” tutupnya. (simon/red)

Baca Artikel Aslinya