oleh

Wajib Pajak Datangi Pojok Pajak Kecamatan Sukamakmur

-Berita-425 Dilihat

Wajib Pajak Datangi Pojok Pajak Kecamatan Sukamakmur 239

BERITA BOGOR – Wajib pajak di wilayah kecamatan Sukamakmur cukup antusias mendatangi gerai Pojok Pajak yang digelar di aula kantor Camat Sukamakmur, Rabu (16/3/2022).

Tidak sedikit wajib pajak yang lupa cara pengisian pelaporan SPT dan pajak-pajak lainnya, namun wajib pajak yang datang mendapat bimbingan dari para pegawai pajak yang bertugas sebagai mana tujuan layanan pojok pajak untuk mempermudah wajib pajak.

Warga RT 02/01 Desa Sukamulya, Agus Salim, mengaku sempat kesulitan cara pengisian pelaporan SPT lantaran terdapat kolom-kolom yang harus di isi, akan tetapi setelah dirinya mendapat pendampingan dari pegawai pojok pajak yang bertugas kemudian ia ingat kembali cara pengisiannya. “Maklum, bayar pajak kan setahun sekali jadi sempat lupa caranya,” katanya.

Baca juga :  Warga Jalani Isoman Terima Bantuan Paket Sembako

Sementara, Sekretaris Desa Sukamakmur, Dede Iskandar mengatakan keberadaan pojok pajak mempermudah pelayanan pelaporan pajak. “Kita tidak perlu jauh-jauh ke Cibinong, sebab disini juga dapat pelayanan, bimbingan dan penyuluhan,” ucapnya.

Terkait adanya layanan pojok pajak dikantornya, Sekretaris Camat Sukamakmur Bakri Hasan mengatakan adanya layanan tersebut mempermudah para wajib pajak dalam menunaikan kewajibannya.

“Program layanan dari Direktorat Jenderal Pajak ini juga sekaligus sebagai sarana penyuluhan dan pelayanan perpajakan bagi Wajib Pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya,” katanya dihubungi Rakyat Bogor.

Pojok pajak ini, kata Bakri Hasan, juga di sosialisasikan Program Pengungkapan Sukarela (PPS) yang memberikan kesempatan kepada wajib pajak untuk melaporkan atau mengungkapkan kewajiban pajak yang belum dipenuhi secara sukarela yaitu melalui kewajiban pajak penghasilan berdasarkan pengungkapan harta yang dimilikinya. PPS dimaksud berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 196 Tahun 2021, yaitu tentang tata cara pelaksanaan PPS yang bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan sukarela wajib pajak berdasarkan asas kesederhanaan, kepastian hukum dan juga untuk kemanfaatan.

Baca juga :  Desa Pabuaran Punya Kades Baru

Sebelumnya, Bupati Bogor Ade Yasin meminta kepada seluruh Wajib Pajak di Kabupaten Bogor untuk segera menyampaikan SPT Tahunan PPh orang pribadi tahun 2021 dan membayar pajak terutang paling lambat tanggal 31 Maret 2022. “Pajak yang kita bayarkan sangat diperlukan untuk mendukung program pembangunan dan pemulihan ekonomi,” pintanya di Cibinong, Selasa (15/3/2022) kemarin. (red)

Artikel Terkait :

Baca Artikel Aslinya