oleh

Wabup : Pentingnya Penguatan PKBM Untuk Memajukan Pendidikan

-Berita-480 Dilihat

JALAKSANA,- Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) adalah satuan pendidikan nonformal yang sah menyelenggarakan berbagai kegiatan belajar sesuai dengan kebutuhan masyarakat atas dasar prakarsa dari, oleh dan untuk masyarakat.

PKBM sebagai salah satu satuan pendidikan nonformal diharapkan dapat memberikan pelayanan pendidikan nonformal sebagai penambah, pengganti dan pelengkap pendidikan formal bagi warga masyarakat yang membutuhkan pengetahuan, keterampilan kecakapan hidup, mengembangkan sikap dan kepribadian, mengembangkan diri untuk berusaha mandiri dan atau melanjutkan pendidikan ketingkat yang lebih tinggi dalam rangka pemberdayaan masyarakat.

“Jadi pendidikan nonformal harus seimbang dengan pendidikan formal. Karena pendidikan nonformal juga sangat penting untuk pengembangan anak sebagai sumber daya manusia masa depan,” ujar Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M.Si, saat menghadiri acara Silaturahmi dan Buka Puas Bersama Forum FKBM se-Kabupaten Kuningan, Kamis (14/4/2022) sore, di Kopi Lendot Mang Elon, Komplek Pertokoan Sadamantra, Kecamatan Jalaksana.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kuningan Drs. H. Uca Somantri, M.Si, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Kuningan, Kabid PAUD dan Dikmas Disdikbud Kab. Kuningan, Ketua serta para pengurus DPD Forum PKBM se-Kabupaten Kuningan.

Dikatakan Wabup, PKBM merupakan salah satu alternative yang dipilih dan dijadikan sebagai ajang proses pemberdayaan masyarakat. Hal ini, sambungnya, selaras dengan adanya pemikiran bahwa dengan melembagakan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, maka akan banyak potensi yang dimiliki oleh masyarakat yang selama ini belum dikembangkan secara maksimal.

“Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat diarahkan untuk dapat mengembangkan potensi-potensi tersebut menjadi bermanfaat bagi kehidupannya. Agar mampu mengembangkan potensi-potensi tersebut, maka diupayakan kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan di PKBM bervariasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” tutur Wabup.

Sementara, Kadisdikbud Kab. Kuningan Drs. H. Uca Somantri, M. Si menyampaikan, dengan diadakannya acara silaturahmi Forum PKBM Kabupaten Kuningan, menandakan bahwa F PKBM tetap kompak dan bersinergi.

Selanjutnya Uca berharap, dengan hadirnya PKBM di Kabupaten Kuningan dapat mendongkrak pendidikan, baik formal maupun nonformal di tengah-tengah masyarakat serta tidak ada lagi anak putus sekolah di Kabupaten Kuningan, sehingga cita-cita Kuningan sebagai Kabupaten Pendidikan dapat terwujud.

“Saya ucapkan terima kasih kepada PKBM yang telah berkontribusi dalam dunia pendidikan di Kabupaten Kuningan. Tetap jaga kekompakan, terus berinovasi, terus berkreasi, sehingga pendidikan di Kabupaten Kuningan semakin maju,” singkatnya.

Menjelang waktu berbuka puasa, selanjutnya acara diisi dengan tausiyah oleh Kiyai Dodo Murtado, dengan tema “Hikmah Puasa Ramadhan”. (BID IKP/DISKOMINFO)