oleh

Wabup : Kembangkan Pariwisata Butuh Komitmen Bersama

-Berita-464 Dilihat

PASAWAHAN,- Komitmen bersama untuk memajukan pariwisata di Kabupaten Kuningan sangat dibutuhkan. Pemerintah daerah tidak bisa berjalan sendiri tanpa adanya peran serta masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M.Si, dalam arahannya saat menghadiri kegiatan Peningkatan Peran Serta Masyarakat Dalam Pengembangan Kemitraan Pariwisata yang digelar Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kuningan, Rabu (2/2/2022), di Bumi Perkemahan Lembahriung, Desa Paniis, Kecamatan Pasawahan.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Kuningan, saya tentu sangat senang dengan adanya peran serta masyarakat dalam sektor pariwisata. Karena, untuk mengembangkan dan memajukan pariwisata, perlu komitmen seluruh pihak,” ungkap Wabup.

Pemkab Kuningan melalui Disporapar lanjut Wabup, tetap konsisten melakukan pembenahan dan penataan di berbagai wilayah di Kabupaten Kuningan untuk bisa mendongkrak kunjungan wisatawan. Hal itu, sambungnya, sebagai bentuk komitmen dalam mewujudkan Kuningan sebagai Kabupaten Wisata.

“Pemerintah daerah melalui Disporapar, tentu sudah menyiapkan langkah-langkah untuk mendongkrak pariwisata. Namun sangat diperlukan dukungan dari masyarakat yang sadar akan pariwisata dan sapta pesona, contohnya masyarakat yang ramah kepada wisatawan, serta menjaga lingkungan pariwisata tetap kebersihan. Karena hal itu lah yang akan menjadi daya tarik bagi wisatawan,” tutur Wabup.

Dikatakan Wabup, dengan masyarakat yang sadar pariwisata dan sapta pesona, keduanya dinilai menjadi pondasi utama dalam pengembangan pariwisata.

“Sapta pesona merupakan unsur pariwisata yang harus diketahui dan dijalankan oleh pelaku wisata dan masyarakat untuk mendatangkan wisatawan maupun mempertahankan kunjungan wisatawan ke destinasi wisata. Untuk itu, masyarakat harus ramah dalam menyambut dan memperlakukan wisatawan, hingga menimbulkan kenangan dari wisatawan dan tergerak untuk datang lagi,” paparnya.

Dengan majunya pariwisata di Kabupaten Kuningan, Wabup berharap dapat menjadi salah satu sumber pendapatan asli daerah, sekaligus sektor pariwisata turut andil dalam peningkatan perekonomian masyarakat.

Usai memberikan sambutan, Wakil Bupati didampingi Kadis Porapar Dr. H. Toto Toharudin, M.Pd, secara simbolis memberikan bantuan alat pembuat kopi dan tenda kepada Kepala Desa Paniis Rasdi, disaksikan seluruh tamu undangan.

Hadir pada kegiatan tersebut, Wakil Ketua DPRD dari Fraksi PKS Hj. Kokom Komariyah, Camat Pasawahan Cece Hendra Krissianto, S.STP., M.Si, Ketua DWP Kab.Kuningan Hj. Ella Dian Rachmat Yanuar beserta Penasehat DWP Hj. Yuana Ridho Suganda, serta para kepala desa se Kecamatan Pasawahan. (BID IKP/DISKOMINFO)