oleh

Wabup : Karang Taruna Harus Terus Berinovasi

-Berita-308 Dilihat

CILIMUS,- Sebagai organisasi sosial wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda, Karang Taruna harus terus berinovasi agar menjadi organisasi yang dapat berdaya saing dan berkembang. Selain itu, Karang Taruna juga harus memiliki mental membantu, berani berusaha sendiri dan mengupayakan yang ada agar bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M.Si, saat menghadiri Temu Karya Pengurus Karang Taruna Kecamatan Cilimus Periode 2022-2027, di aula kantor kecamatan setempat, Kamis (14/4/2022).

“Era milenial ini menuntut inovasi, jangan hanya monoton apalagi ketinggalan zaman. Jangan banyak mengeluh, bersungguh-sungguh dan berusahalah,” ujar Wabup.

Menurutnya, perkembangan zaman menuntut Karang Taruna untuk lebih kreatif dalam mengembangkan potensi-potensi yang ada di wilayahnya melalui usaha-usaha sehingga dapat mandiri. Lebih dari pada itu, sambungnya, menyoroti peran karang taruna sebagai penyambung solidaritas sosial.

“Sebagai organi sosial kemasyarakatan, Karang Taruna juga harus memiliki semangat sosial yang tinggi, bersama pemerintah harus mampu mengentaskan kesenjangan sosial di masyarakat, terutama dalam mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Kuningan,” ucapnya.

Selanjutnya Wabup berharap, peran lebih pemuda dalam pembangunan. karena sebagai generasi penerus, pemuda harus memilki semangat serta kemauan yang kuat untuk berkompetisi.

“Karang Taruna memilki ruang yang sangat luas. Dengan kelebihan itu, pemuda bisa turut andil diberbagai lini. Mulai dari sosial, seni budaya, kewirausahaan, dan lain sebagainya. Ini artinya, pemuda memilki kesempatan sama tinggal bagaimana menunjukan tekad dan kemauan,” tandas Wabup.

Pada kesempatan tersebut, dilaksanakan pengukuhan Ketua Karang Taruna Kecamatan Cilimus Periode 2022-2027 Cecep Supriyadi, oleh Sekretaris Kecamatan Cilimus, disaksikan Wakil Bupati Kuningan, Pembina Karang Taruna Kecamatan Cilimus Hj. Kokom Komariyah (Wakil Ketua DPRD Kab. Kuningan Fraksi PKS), dan H. Kiki Alfarizi, serta para pengurus Karang Taruna Desa se-Kecamatan Cilimus. (BID IKP/DISKOMINFO)