oleh

Wabup Hadiri “Si Kuda Kuningan”

-Berita-61 Dilihat

JALAKSANA,- Dalam rangka evaluasi akhir kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, mengelar berbagai kegiatan kreasi seni yang dikemas dalam acara Silaturahmi Kubudaya Antar Seniman Kuningan (Si Kuda Kuningan), Kamis (3/9/2020).

Kegiatan yang bertemakan “Seni Tradisi Bihari” itu, berlangsung di halaman Kantor Pemerintahan Desa Sembawa, Kecamatan Jalaksana dengan dihadiri Wakil Bupati Kuningan, H. M Ridho Suganda, SH., M.Si, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab.Kuningan, Drs. H. Uca Somantri, Camat Jalaksana, Toni Kusumanto, AP., M.Si beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan, jajaran perangkat Desa Sembawa, lembaga desa, tokoh masyarakat, para penggiat seni, serta masyarakat setempat.

Ketua pelaksana kegiatan, Faisal Putra Hidayat, saat membacakan laporan menyampaikan, bahwa kegiatan KKN yang dilaksanakan oleh mahasiswa Fakultas Seni Pertunjukan ISBI Bandung, dimulai dari tanggal 27 Juli s/d 4 September 2020 bertempat di Sanggar Seni Balebat Desa Sembawa. Dimana kegiatan yang berlangsung, sambungnya, merupakan bagian dari pelatihan yang menghasilkan sebuah persembahan tari dan musik untuk mitra yang bersangkutan.

“Atas terselenggaranya kegiatan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat selama proses hingga terselenggaranya kegiatan ini. Pesan saya untuk seniman Kabupaten Kuningan, tetap semangat dan terus berkarya. Buktikan bahwa di Kuningan banyak anak muda yang berpotensi dalam hal kesenian,” ucapnya.

Sementara, Wakil Bupati Kuningan, H. M Ridho Suganda, dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, dengan digelarnya kegiatan oleh mahasiswa ISBI yang melaksanakan KKN di Desa Sembawa, bisa mengembalikan kembali seni budaya yang hampir hilang di tengah masyarakat, sekaligus memperkenalkan seni budaya kepada generasi muda.

“Karena untuk bisa mencapai nilai-nilai kebudayaan yang baik, nilai-nilai seni yang baik, harus adanya partisipasi dari seluruh masyarakat. Jadi kalau masyaratnya tidak menunjang, tidak mendukung program pemerintah, apalagi bantuan dari rekan-rekan mahasiswa ini untuk terus bisa mengembangkan, memberdayakan, melestarikan kebudayaan dan sebagainya, saya rasa tidak akan tercipta ketahanan budaya di Kabupaten Kuningan,” tuturnya.

Wabup berharap, seluruh mahasiswa Fakultas Seni Pertunjukan ISBI Bandung yang melaksanakan KKN di Desa Sembawa, bisa mendapatkan pembelajaran untuk bisa dijadikan pengalaman dalam mengarungi kehidupan setelah lulus dari universitas.

“Semoga, apa yang telah diperoleh rekan-rekan mahasiwa ISBI selama KKN di Desa Sembawa ini membuahkan hasil yang dapat bermanfaat, baik bagi pribadi rekan-rekan mahasiwa dalam melaksanakan tugas akademik, maupun bagi masyarakat terutama dalam memajukan seni budaya di Kabupaten Kuningan,” pungkas Wabup.

Usai memberikan sambutan, Wakil Bupati didampingi Kepala Disdikbud dan Forkopimcam Jalaksana, melakukan pemukulan Gong sebagai tanda dimulainya kegiatan tersebut. Selanjutnya, berbagai pertunjukan kreasi seni dari berbagai sanggar seni yang ada di Kabupaten Kuningan turut memeriahkan kegiatan tersebut. (Bid IKP/Diskominfo)

Kabar Terbaru