oleh

Wabup Dorong Karang Taruna Atasi Masalah Sosial di Masyarakat

-Berita-330 Dilihat

GARAWANGI,- Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M.Si, mendorong organisasi kepemudaan Karang Taruna agar ikut aktif dalam mengatasi masalah-masalah sosial di tengah-tengah masyarakat.

“Saya mau Karang Taruna menjadi kekuatan ide untuk bersama-sama mengatasi masalah-masalah sosial di masyarakat yang makin kompleks ini,” kata Wabup saat menghadiri HUT ke-31 Karang Taruna Karangken Garawangi (KGR) Dusun Manis, Desa Garawangi, Kecamatan Garawangi, Senin (31/1/2022) malam.

Menurut Wabup, Karang Taruna memiliki modal sosial dan politik yang kuat. Hal tersebut bisa dilihat dari jaringan kepengurusannya yang mengakar sampai level RT/RW. “Kondisi ini memungkinkan Karang Taruna efektif menelurkan gagasan yang bisa menjadi solusi dari berbagai masalah yang dihadapi masyarakat,” ucapnya.

Wabup mengingatkan, hakikat Karang Taruna adalah peka dan kritis melihat masalah yang melanda masyarakat dan dengan olah gagasan mencari solusi masalah tersebut, dan bekerja bersama-sama dengan kelompok masyarakat yang lain.

“Saya mengapresiasi peran Karang Taruna KGR Dusun Manis ini, yang telah memiliki serta mampu mengelola usaha secara mandiri dengan melibatkan masyarakat sekitar terutama anak-anak muda. Dengan demikian, Karang Taruna KGR telah membantu pemerintah meningkatkan perekonomian masyarakat dan mengatasi pengangguran, ” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Wabup juga mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara disiplin, karena hingga saat ini Covid-19 masih mengancam kesehatan masyarakat.

“Pada kesempatan kali ini, saya kembali mengingatkan bahwa Covid-19 masih mengancam kita. Untuk itu saya mengimbau bapak/ibu semuanya, untuk tetap menjalankan protokol kesehatan secara disiplin, agar terhindar dari bahaya Covid-19,” imbuhnya.

Sementara, Ketua Karang Taruna KGR Dudung Durahim menyampaikan, Karang Taruna KGR yang dibentuk pada tahun 1991, saat ini tengah mengelola sebuah usaha yang bergerak dibidang digital printing, pengelolaan sampah, dan tenda hajatan. Dari hasil usaha tersebut, dikatakan Dudung, selain untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, juga digunakan untuk kegiatan bakti sosial secara rutin.

“Kami Karang Taruna KGR sejak dibentuk 31 tahun yang lalu, telah berkomitmen untuk bersama-sama pemerintah mengatasi masalah-masalah sosial, khususnya di kalangan generasi muda, seperti pengangguran. Untuk itu, kami membentuk usaha yang awalnya dengan mengelola sampah dilingkungan kami. Alhamdulillah usaha yang dikelola semakin berkembang dan kini kami menambah usaha dibidang digital printing,” ujar Dudung.

“Selain meningkatkan kemandirian ekonomi, usaha seperti ini juga membuat pemuda lebih produktif memanfaatkan waktunya sehingga relatif menjauh dari pengaruh negatif dari lingkungan,” tambahnya.

Selanjutnya Dudung berharap, pemerintah dan seluruh pihak dapat mendukung program-program yang tengah dijalankan, sehingga Karang Taruna yang dipimpinnya lebih berkarya dan lebih memberikan manfaat kepada masayarakat, selaras dengan tema HUT ke-31 kali ini “Bangkit dan Tumbuh Bersama Karang Taruna KGR”.

Hadir pada acara tersebut, Kades Garawangi beserta jajaran perangkat, pimpinan lembaga desa, tokoh masyarakat, Ketua Karang Taruna Desa dan para Ketua Karang Taruna Dusun, serta masyarakat setempat.

Adapun, HUT ke-31 Karang Taruna KGR, dimeriahkan dengan pagelaran Wayang Golek dari Lingkung Seni Pusaka Aria Kamuning, pimpinan Ki Dalang Aan Anjasmara Hamzah HS. (BID IKP/DISKOMINFO)