oleh

Upaya Meningkatkan Literasi Masyarakat

-Berita-267 Dilihat

Malang, (malangkota go.id) – Berbagai langkah dilakukan oleh Pemerintah Kota Malang dalam upaya semakin mencerdaskan warga masyarakat dan memperluas pengetahuannya atau literasinya, terutama di era kemajuan teknologi informasi yang nyaris tak terbendung. Kali ini langkah nyata tersebut dengan berkolaboeasi dengan warga RW 11 Kelurahan Cemorokandang, Kecamatan Kedungkandang.

Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko Menandatangani Peresmian Pemasangan Wifi di RW 11 Cemorokandang, Minggu (28/8/2022).

Agenda yang dilaksanakan pada Minggu (28/8/2022) berupa peresmian dan penambahan jaringan internet gratis di pemukiman warga atau ruang publik. Hingga saat ini setidaknya sudah ada 550 jaringan wifi yang dipasang di pemukiman warga, termasuk di antaranya di RW 11 tersebut.

Wifi yang dipasang di taman perumahan ini nantinya akan dinikmati warga dari 8 RT atau sekitar 1.100 warga dari 405 kepala keluarga. Jika warga sudah dapat mengakses internet dengan mudah maka tidak akan ketinggalan informasi terkini dari berbagai penjuru dunia.

Beberapa hal itu yang disampaikan Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko usai peresmian acara tersebut. Dia pun berharap, nantinya pengetahuan masyarakat semakin luas terutama bagi para pelajar, agar dapat menambah literasi keilmuannya.

“Di sisi lain, karena jaringan internet ini dipasang di sarana fasilitas umum maka diharapkan akan semakin meningkatkan silaturahmi warga, sehingga pada akhirnya akan menciptakan suasana yang kondusif,” imbuhnya.

Ditambahkan pria yang akrab disapa Bung Edi itu bahwa ini adalah inovasi yang bagus, untuk keguyuban, kerukunan dan kemanfaatan warga yang ada di sekitar Perumahan Omah View. “Pemasangan wifi ini sengaja ditempatkab di taman atau di tempat terbuka agar masyarakat lebih senang dengan suasana lebih alami semacam ini,” paparnya.

Ke depan, disampaikan Bung Edi, pihaknya akan terus menambah jaringan internet di ruang publik agar pengetahuan dan literasi masyarakat terus menguat serta program seperti ini sebagai salah satu wujud kehadiran dan kepedulian pemerintah kepada warga masyarakat. (say/ram)