oleh

Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Secara Virtual

-Berita-240 Dilihat

Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Secara Virtual 237

Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Secara Virtual 237

BERITABOGOR – Setiap tanggal 2 Mei diperingati Hari Pendidikan Nasional. Pandemi Corona Virus Desease (Covid-19) mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengimbau penyelenggaraan Upacara bendera dilakukan secara virtual. 

Belum semua pelajar mengetahui imbauan Kemendikbud. Salah satunya pelajar SMPN di Bogor, Aji , karena tidak punya Hp.

Imbauan melalui surat yang ditandatangani Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 42518/MPK.A/TU/2020 tanggal 29 April 2020. Kemendikbud mengimbau kepada seluruh satuan pendidikan semua jenjang pendidikan tidak mengadakan aktivitas peringatan Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas 2020 yang mengakibatkan berkumpulnya orang banyak pada suatu lokasi.

“Kita tetap perhatikan anjuran Bapak Presiden untuk melakukan pembatasan sosial dan jaga jarak untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” jelas Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ainun Na’im melalui rilis resmi (30/4).

Baca juga :  Rencana Pemerintah Hapus IMB

Lebih jauh Sekjen Kemendikbud menyampaikan memperingati dan memeriahkan Hardiknas 2020 dapat dilakukan melalui beragam kegiatan kreatif yang menjaga dan membangkitkan semangat belajar di masa darurat Covid-19.

Ia menambahkan, mendorong pelibatan dan partisipasi publik dapat dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. “Kemendikbud menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hardiknas Tahun 2020 pada tanggal 2 Mei 2020 pukul 08.00 WIB secara terpusat, terbatas, dan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan Pemerintah. Hal ini kita lakukan tanpa mengurangi makna, semangat, dan kekhidmatan acara.” imbaunya. 

Sekjen Kemendikbud juga mengimbau instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri untuk mengikuti jalannya upacara bendera secara virtual. Masyarakat, siswa, guru dan warga lingkungan pendidikan dapat melalui siaran langsung di kanal Youtube Kemendikbud RI dari rumah ataupun tempat tinggal masing-masing.

Baca juga :  Menteri Sosial Kunjungi Balai Besar Rehabilitasi

Di Bogor, imbauan yang dikeluarkan oleh Kemendikbud terkait upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional tersebut, belum diketahui oleh sebagian pelajar. Salah seorang pelajar kelas 9 SMPN 1 Babakan Madang, Aji, mengaku belum mengetahui adanya imbauan upacara bendera Hari Pendidikan Nasional tahun ini. “Saya belum tahu, om. Biasanya kalau ada informasi dari Ibu Guru melalui daring, pasti teman Aji yang kasih kabar, soalnya Aji tidak punya Hp,” ucapnya polos.

Wiji Suparno, Guru SMK Insan Cemerlang mengaku telah mengetahui adanya imbauan Kemendikbud tentang penyelenggaraan upacara bendera melalui daring, Sabtu (02/05/2020). “Saya baru tahu  usai sholat subuh melalui medsos. Ini momen  pentingnya sangat disayangkan karena siswa saya sebagian tidak mungkin bisa mengikuti upacara itu. Sebab, sebagian kampung disini jaringan internet sulit dijangkau, apalagi disaat aliran listrik PLN juga sering padam tanpa pemberitahuan sebelumnya, sama sekali tidak ada jaringan atau sinyal. Terlebih siswa saya yang ada di pelosok, seperti di Wangun, Karang Tengah, Bojong Koneng,” ungkap guru yang aktif sebagai pegiat lingkungan hidup. (*/als)

Baca Artikel Aslinya