oleh

Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2023 Tingkat Kabupaten Kuningan Dirangkaikan Dengan Sertijab Eselon II

-Berita-39 Dilihat

KUNINGAN – Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tingkat Kabupaten Kuningan diselenggarakan di Halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Kuningan, Senin (02/10/2023). Bertindak sebagai inspektur Upacara, Bupati Kuningan, H. Acep Purnama SH MH.

Hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Kuningan, Ketua DPRD Kabupaten Kuningan, Dandim 0615 Kuningan yang diwakili oleh Kasdim 0615 Kuningan, Kapolres Kuningan yang diwakili oleh Waka Polres Kuningan, yang mewakili Ketua PN Kuningan, Sekretaris Daerah Kuningan, Ketua Tim Penggerak PKK Kuningan, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kuningan, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kuningan, Para Pejabat Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan dengan peserta Upacara yang berasal dari unsur TNI, Kepolisian, Dishub, Satpol PP dan Aparatur Sipil Negara.

Upacara dimulai dengan penghormatan Umum kepada Inspektur Upacara, dimana yang bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Perwira dari Kodim 0615 Kuningan. Dilanjutkan dengan mengheningkan Cipta guna mengenang para Pahlawan Kusuma Bangsa.

Setelah itu Bupati Kuningan membacakan teks Pancasila yang di ucap ulang oleh para peserta Upacara. Pembacaan Naskah Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 yang di bawakan oleh Petugas Purna Paskibraka Indonesia dan Pembacaan Naskah Ikrar dibacakan oleh Ketua DPRD Kabupaten Kuningan, Nuzul Rachdy S.E.

Dalam amanatnya, Bupati Acep menyebutkan bahwa pada hari ini kita berkumpul bersama disini dalam rangka kembali mengenang sejarah para pendahulu dalam mempertahankan Ideologi Bangsa.

“Hari ini merupakan momen bagi kita semua, untuk selalu meyakini bahwa ideologi kita, Pancasila, jauh lebih kuat dan lebih tangguh dibandingkan dengan berbagai persitiwa yang ingin bangsa ini tercera berai” Kata Acep.

“Para pendiri bangsa Indonesia mencetuskan pancasila sebagai dasar negara dan Ideologi bangsa dan sejak kelahirannya sampai hari ini, pancasila adalah kekuatan kita untuk berjuang membangun cita-cita kita. Selain itu pancasila menjadi pengingat, bahwa di tengah semua situasi dan kondisi, kedaulatan Indonesia berdasar pada keadilan sosial dan persatuan seluruh lapisan masyarakat” Papar Acep

Selanjutnya Acep menyebutkan bahwa tahun ini peringatan Hari Kesaktian Pancasila mengambil tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju” yang menunjukkan bahwa kesaktian pancasila adalah landasan bagi kita untuk senantiasa terus melakukan pembangunan yang lebih baik menuju indonesia emas tahun 2045.

“Dalam hal ini pancasila akan berperan sebagai titik berangkat sekaligus tujuan pembangunan bangsa dan negara kita. Kebangkitan dan kemajuan bangsa kita akan ditentukan oleh kemerdekaan anak-anak bangsa untuk mengembangkan potensinya sendiri dengan kemampuan dan panggilan hatinya” Ujar Acep.

Terakhir, Acep mengucapkan selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila dan mengajak untuk bersama-sama membangun Kuningan.

“Kepada semua masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Kabupaten Kuningan, saya ucapkan selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Dengan nilai-nilai pancasila yang menyertai langkah kita, mari membangun Kuningan lebih baik dari waktu ke waktu, hingga implementasi Kuningan Maju (makmur, agamis, pinunjul) dapat kita wujudkan bersama-sama”

Serah Terima Jabatan Eselon II

Selepas pelaksanaan Upacara hari Kesaktian Pancasila juga diselenggarakan serah terima Jabatan dari 21 Pejabat Eselon II Lingkup Pemerintah Kabupaten Kuningan yang telah dilaksanakan rotasinya beberapa waktu lalu.

Acara diisi dengan penandatanganan serah terima jabatan dari Pejabat lama ke pejabat yang baru yang disaksikan oleh Bupati Kuningan, Wakil Bupati Kuningan, Ketua DPRD Kuningan dan Sekretaris daerah Kuningan.

Sebelumnya, Bupati Acep menyebutkan bahwa rotasi yang diselenggarakan kemarin bukan karena ketidakpuasan atas capaian kinerja, tetapi atas dasar penyegaran Organisasi sehingga Aparatur dapat semakin maju dan berkembang.

“Saya berharap penugasan yang baru ini dapat menjadi kesempatan bagi saudara untuk mengabdikan kemampuan terbaik dalam menjalankan birokrasi, melaksanakan pembangunan demi melayani masyarakat dan bekerja lebih cepat dan tepat. Selamat menjalankan tugas” Tutur Acep.