oleh

Tutup Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah dengan Donor Darah

-Berita-261 Dilihat

Klojen, (malangkota.go.id) – Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko mengapresiasi SMK Negeri 3 Malang yang menggelar aksi donor darah pada masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) kepada siswa/siswi baru.

Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko hadir di SMK Negeri 3 Malang

Bung Edi, sapaan Sofyan Edi Jarwoko mengungkapkan, kegiatan donor pada MPLS di SMK Negeri 3 Malang sesuatu yang sangat kreatif. Kegiatan yang penuh inovasi siswa dikenalkan kepada satu lembaga yang akan mendidik mereka.

“Ada di sisi lain yang diberikan kepada siswa, yaitu aspek sosial dengan menggelar kegiatan donor darah bagi anak-anak milenial,” jelas Bung Edi.

Hal ini menjadi sesuatu yang kreatif, karena di sekolah lain juga ada beberapa aksi yang bagus seperti menanam pohon. Kegiatan seperti ini sangat bagus diterapkan kepada siswa dalam membangun kepekaan sosial.

“Anak-anak menjadi lebih kompleks. Karena selain diasah intelektualnya, etika, karakter, spiritualnya juga diasah, serta aspek kepekaan sosialnya. Ini menjadi bekal yang bagus bagi mereka hidup bermasyarakat,” tegas Bung Edi.

Di mana dengan donor darah, anak-anak bukan hanya diajarkan secara teori saja, pendidikan akan semakin mengena saat siswa diajak langsung praktik. Jiwa sosialnya dibangun sejak muda agar suatu saat menjadi generasi yang hebat.

“Sekolah-sekolah yang lain bisa meniru kegiatan seperti ini. Ini sangat bagus mengajak anak-anak mengasah kepekaan sosial dengan mau membantu sesama,” sambungnya.

Bung Edi juga berpesan agar para siswa di SMK Negeri 3 Malang semangat dalam menimba ilmu. Karena untuk bisa masuk ke SMK Negeri 3 Malang tidaklah mudah. Di mana anak-anak harus bersaing dengan ratusan siswa lainnya yang ingin sekolah di tempat ini.

“Sebelum diterima di SMK Negeri 3 Malang, tentunya anak-anak harus bersaing ketat dengan siswa lain. Karena saat ini sudah masuk, kami berpesan agar anak-anak semangat dalam belajar,” katanya.

Wakil Kepala SMK Negeri 3 Malang, Muhammad Ilham Razak mengatakan, kegiatan MPLS di SMK Negeri 3 Malang berlangsung selama empat hari. Kegiatan MPLS di sekolah ini diisi dengan berbagai materi untuk menyiapkan siswa lebih siap menjalani kegiatan belajar.

“Kegiatan hari ini adalah kegiatan puncak MPLS di SMK Negeri 3 Malang. Di mana dengan kegiatan donor darah pada hari ini, kami mengajak anak-anak bisa berempati kepada orang lain,” kata Ilham. (cah/ram)