oleh

Tujuh Penyandang Disabilitas Terima Bantuan Kursi Roda

-Berita-264 Dilihat

Klojen (malangkota.go.id) – Ketua TP PKK Kota Malang Widayati Sutiaji, S.Sos., MM didampingi Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P3AP2KB) Kota Malang, serta Ketua AMCF Kota Malang menyerahkan bantuan kursi roda kepada penyandang disabilitas di Rumah Dinas Wali Kota Malang, Kamis (7/7/2022).

Ketua TP PKK Kota Malang Widayati Sutiaji, S.Sos., MM, Kepala Dinsos-P3AP2KB Kota Malang dan Yayasan AMCF foto bersama penerima bantuan CSR berupa kursi roda

Bantuan kursi roda untuk tujuh penyandang disabilitas di wilayah Kecamatan Kedungkandang dan Kecamatan Sukun ini merupakan kerja sama antara Pemerintah Kota Malang melalui Dinsos-P3AP2KB Kota Malang dengan Yayasan Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) Kota Malang.

Ketua TP PKK Kota Malang Widayati Sutiaji dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan rasa syukur atas kerja sama yang terjalin antara Pemkot Malang dan AMCF sehingga bantuan corporate social responsibility (CSR) berupa kursi roda dapat tersalurkan. “Mudah-mudahan bantuan ini dapat bermanfaat,” ucapnya.

Istri Wali Kota Malang ini berpesan bahwa Allah SWT tidak pernah zalim kepada hambanya. “Insyaallah Allah SWT sudah menyiapkan hadiah yang terindah, mutiara yang terindah. Maka kita tidak boleh mengeluh, tetapi kita tetap tidak boleh pasrah,” tuturnya.

Dicontohkanya seperti halnya Faisal yang hari ini menerima bantuan kursi roda. Faisal yang mengalami kedisabilitasan sejak lahir ini cenderung sudah mandiri, karena saat ini dia berjualan aksesoris bersama temannya. “Selain Faisal, ada juga yang bisa mengobati dengan memijat,” jelas Widayati.

Sementara itu, Kepala Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Dra. Penny Indriani, MM membenarkan bantuan ini adalah CSR dari Yayasan AMCF sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama.

“Ketika ada bantuan, untuk menentukan sasaran, ujung tombak di lapangan adalah TP PKK Kota Malang. Dari TP PKK Kota Malang ini didapatkan big data yang dasarnya dari Dasa Wisma. PKK mempunyai Dasa Wisma di RT/RW, itulah ujung tombak kita dalam rangka mendata, selain Puskesos kita yang ada di Dinsos,” urainya.

Penyandang disabilitas di Kota Malang, diungkapkannya ada 2.927, yang sudah dibantu lewat anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) ada satu kursi roda elektrik, 23 adaptif, dan 25 standar, “Alhamdulillah kali ini ada bantuan dari AMCF, selain itu kita juga bekerja sama rutin dengan Kemensos,” terangnya lagi.

Atas penyaluran bantuan CSR ini, Ketua AMCF Kota Malang Duta Ajrullah menyampaikan apresiasinya kepada Ketua TP PKK Kota Malang. Menurutnya, tidak banyak pimpinan yang kepeduliannya seperti yang ditunjukkan oleh Ketua TP PKK Kota Malang.

“Ini sesuatu yang langka, begitu peduli, artinya peduli yang begitu tulus dan mau mendekat kepada komunitas sosial yang memang tidak banyak dilihat orang pada umumnya. Dalam hal ini adalah penyandang disabilitas,” ungkapnya.

“Poin pentingnya, ibu Ketua TP PKK Kota Malang mengundang komunitas disabilitas ini adalah simbol yang sangat baik dalam interaksi sosial,” pungkas Duta. (yon/ram)