19 Juli 2024
oleh

Tingkatkan Pengelolaan Medsos, Humas Kota Bekasi Ikuti Webinar Etika dan Keamanan Bersosial Media

-Berita-987 Dilihat

Tingkatkan Pengelolaan Medsos, Humas Kota Bekasi Ikuti Webinar Etika dan Keamanan Bersosial Media

By Admin 16 Maret 2022 19 Views

Kota Bekasi – Rabu, 16 Maret 2022

Kota Bekasi – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Barat dibantu dengan dua bidang di dalamnya yaitu Bidang Persandian dan Keamanan Informasi dan Bidang Komunikasi Publik menyelenggarakan webinar terkait etika dan keamanan dalam rangka meningkatkan kesadaran dan pengelolaan media sosial untuk seluruh Kota/Kabupaten di Jawa Barat pada Rabu, 16/03/2022.

Humas Kota Bekasi berkesempatan untuk mengikuti webinar tersebut yang bertajuk Yuk Kenali Etika dan Keamanan Bermedia Sosial yang bertujuan agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota/Kabupaten se- Jawa Barat dapat meningkatkan dan mengupgrade proses pengelolaan akun media sosial Pemerintahan. Webinar tersebut dibuka oleh ketua komisi I DPRD Jawa Barat Dr. Bedi Budiman, S.Ip.,M.Si dan Kepala Diskominfo Jawa Barat Dr. Ika Mardiah, M.Si

Mengundang dua narasumber terbaik di bidangnya, yang pertama adalah Centurion Chandrapratama P, Ph.D selaku ketua Program Studi Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Unpad) dan yang kedua adalah Girindro Pringgo Digdo selaku Chief Excecutive Officer of Cyber Army. Webinar tersebut juga disiarkan langsung di YouTube Channel Diskominfo Jabar pada pukul 09.00 – 12.00 WIB. 

Membahas tentang etika berkomunikasi lewat jaringan internet (netiket) sudah sebanyak 64% penduduk dunia menggunakan internet namun masih banyak pengguna yang belum paham akan pentingnya etika dalam bersosial media. Terkait etika ada beberapa hal yang harus diketahui oleh para pengguna media sosial yaitu harus memiliki manners yang baik dan dapat membangun masyarakat yang beradap, serta membangun masyarakat yang saling menghargai juga bijak dalam berinternet. 

“Hal terpenting ketika beretika dalam sosial media yaitu, interaksi di internet melibatkan berbagai karakter personal yang berbeda-beda, hargai privasi orang lain, perhatikan opini dan pendapat orang lain dan pentingnya berbagi pengetahuan dan keahlian yang dikuasai oleh masing-masing individu. Berfikir dalam menggunggah dan menyaring informasi sebelum memberikan informasi kepada masyarakat di Internet juga sangat penting,” ujar Centurion. 

Pengelolaan Keamanan dan Privasi dalam berselancar dengan internet juga sangat penting. Banyaknya kejahatan penipuan yang terjadi di media sosial terkait penyebaran sumber data privasi yang dialami oleh masyarakat apalagi banyak akun media sosial yang mengaktifkan akun tersebut dengan ketentuan data pribadi, hal tersebut bisa terjadinya kebocoran data yang membuat kerugian bagi masyarakat. 

“Dampak kebocoran data bisa banyak terjadi seperti bocornya data kependudukan, kepegawaian, nasabah, konsumen, produsen, pemilik kendaraan, anggota militer dan bahkan bocornya data paspor. Namun, ada berbagai cara agar tidak terungkapnya data privasi yang kita miliki seperti sebelum datang ke laman website atau platform media sosial pahami ketentuan privasinya terlebih dahulu, hindari clickbait dan lebih teliti lagi jika memasukan informasi akun terkait, “ujar Girindro. 

Terakhir, Kepala Bagian Humas, Sajekti Rubiah yang ikut serta dalam webinar tersebut bersama 5 staff lainnya juga menyampaikan bahwa, “webinar ini berisikan ilmu-ilmu baru yang sangat bermanfaat untuk diterapkan oleh tim media sosial Humas Kota Bekasi sehingga akun media sosial kami semakin maju dan berkembang pesat,” pungkas Sajekti.

(PUT)

Tags : Medsos

Sumber : Bekasikota.go.id