oleh

Tingkatkan Kesadaran untuk Penyelamatan Lingkungan

-Berita-89 Dilihat

CIREBON – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia di kantornya, Jalan Ampera II, Kelurahan Pekiringan, Kecamatan Kesambi, Senin (5/6/2023).

Dalam acara tersebut sekaligus dilakukan penyerahan hadiah lomba jingle, vlog dan pemenang sekolah Adiwiyata.

SMP Negeri 7 Cirebon menjadi pemenang lomba jingle Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS). Sedangkan lomba vlog Gerakan Cirebon Minim Sampah (Gerimis), pemenangnya adalah Bank Sampah Amanah, RW 06 Simaja Utara, Kelurahan Drajat.

Dalam kesempatan yang sama, diserahkan pula piagam pemenang lomba Cerdas Cermat Adiwiyata dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2023 kepada SMPK 1 BPK Penabur Kota Cirebon.

Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, S.H., yang hadir pada acara itu mengatakan, Hari Lingkungan Hidup Sedunia sebagai momentum untuk meningkatkan kesadaran dalam penyelamatan lingkungan. Selain itu, menjadi bahan refleksi DLH atas kerja-kerja dalam menjaga kebersihan Kota Cirebon.

“Momen peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia sebagai wujud tekad kami menghadapi tantangan lingkungan hidup di dunia,” kata Azis.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia juga menjadi momentum bagi masyarakat untuk terus menggencarkan gerakan 3R, yakni reuse atau menggunakan kembali sampah sesuai dengan fungsinya, reduce atau mengurangi produksi sampah yang dapat mencemari lingkungan, dan recycle atau memproses kembali menjadi barang bernilai guna.

“Mari kita lakukan gaya hidup ramah lingkungan dengan melakukan aksi kecil yang dapat membawa perubahan besar bagi kebaikan Kota Cirebon,” katanya.

Azis berharap, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia juga dapat mengingatkan mengenai pentingnya pengurangan sampah di Kota Cirebon. Terutama sampah plastik yang notabene sulit terurai.

“Kami berharap masyarakat Kota Cirebon dapat mengambil peran dalam meminimalisasi sampah, mulai di lingkungan rumah hingga sekitarnya,” ujar Azis.

Sementara itu, Kepala DLH Kota Cirebon, dr. Yuni Darti, Sp., GK., mengatakan, pihaknya mengadakan berbagai kegiatan selama bulan Mei 2023. Seperti, kerja bakti masal di sejumlah titik, hingga pembuatan lubang biopori di tempat pelaku usaha dan sekolah.

“Kegiatan tersebut merupakan bentuk aksi kecil kita dalam melakukan kampanye menjaga lingkungan. Sehingga tercapai kondisi lingkungan yang lebih baik,” tutur Yuni.

Yuni mengajak semua pihak untuk terus melakukan berbagai langkah nyata sebagai upaya mendorong kehidupan yang berkelanjutan dengan lingkungan yang sehat. (*)