oleh

Tangani Sampah Organik, Kel. Cemorokandang Latih Warga Bikin Eco Enzyme

-Berita-119 Dilihat

Kedungkandang (malangkota.go.id) – Memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pemanfaatan sampah organik, Kelurahan Cemorokandang Kedungkandang Kota Malang menggelar Pelatihan Pengolahan Sampah Organik menjadi Eco Enzyme di ruang pertemuan Kelurahan Cemorokandang, Senin (3/4/2023).

Pelatihan pembuatan Eco Enzyme di Kelurahan Cemoro Kandang

Pelatihan yang dibuka langsung oleh Lurah Cemorokandang Ahmad Ridwan, SE ini menghadirkan narasumber aktivis lingkungan Yusuf Karyawan dan Evrida Hartini.

Ahmad Ridwan mengungkapkan pelatihan ini merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat. Dimana pada kegiatan ini diberikan pelatihan tentang pengelolaan sampah organik yang selama ini menjadi masalah yang kemudian diolah menjadi eco enzyme yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan lingkungan.

“Kami ingin dengan adanya kegiatan ini mengajak masyarakat untuk dapat menangani sampah mulai dari rumah dengan harapan ke depan volume sampah yang harus dibuang ke tempat pembuangan akhir semakin berkurang,” jelas Ridwan.

Sementara itu, narasumber pelatihan Yusuf Karyawan mengungkapkan banyak sekali manfaat dari eco enzyme. Selain menjadi salah satu solusi bijak penanganan sampah, eco enzyme juga sangat bermanfaat untuk kesehatan, pertanian dan juga lingkungan.

“Membuat eco enzyme juga sangat mudah, memanfaatkan kulit buah, sayuran yang selama ini menjadi sampah organik dipadukan dengan gula merah atau molase,” kata Yusuf.

Eco enzyme disebutkan Yusuf bisa diaplikasikan untuk membersihkan dapur, mencuci piring, mengepel lantai, membersihkan kamar mandi, membersihkan sayur, mencuci rambut, merendam kaki yang sakit, digunakan sebagai pupuk organik, membunuh bakteri dan juga mengobati luka bakar.

“Tetapi karena dibuat dari fermentasi sampah, eco enzym hanya boleh untuk pemakaian luar saja, tidak boleh untuk diminum,” terang Yusuf.

Kegiatan ini diikuti kader lingkungan, TP PKK, Karang Taruna dan segenap penggiat lingkungan di wilayah Kelurahan Cemorokandang. (cah/yon)