oleh

Tangani Masalah Sampah, Buangdisini Aktif Beli dan Olah Sampah Plastik

-Berita-96 Dilihat

Klojen, (malangkota.go.id) – Berawal dari keinginan untuk membantu masyarakat mengolah sampah dan menjaga kebersihan, Arga Wicaksono terus bergerak melakukan penanganan sampah plastik. Melalui startup Buangdisini membeli dan mengolah sampah plastik yang ada di Kota Malang, Minggu (3/7/2022).

Tim dari Buangdisini saat membeli sampah plastik di Simpang Balapan

Seperti terlihat di Simpang Balapan Kota Malang, Minggu (3/6/2022) bersama tim Buangdisini membeli sampah plastik dari para pemulung. Sejak kegiatan dibuka pukul 07.00-09.30 WIB puluhan sampah plastik berhasil dibeli.

Chief Marketing Officer (CMO) Buangdisini Arga Wicaksono mengungkapkan, Buangdisini sudah berdiri sejak tahun 2017 yang berawal dari anak-anak muda pecinta lingkungan. Awal dibentuk adalah untuk melakukan edukasi terkait penanganan sampah plastik.
“Melalui Buangdisini kami ingin mencerdaskan masyarakat untuk penanganan sampah plastik yang selama ini masih menjadi problem bersama,” jelas Arga.

Dari awalnya untuk edukasi sampah akhirnya terus berkembang di tahun 2020, Buangdisini mulai memproses sampah plastik. Baru tahun 2022 ini menjadi startup dengan mengembangkan aplikasi mobile penanganan sampah.

Dengan memanfaatkan teknologi, Arga percaya masalah sampah bisa diselesaikan. Melalui Buangdisini diharapkan bisa menciptakan ekosistem penanganan sampah dengan basis masyarakat secara gotong royong.

Melalui Buangdisini diharapkan bisa menjadi solusi nyata melalui dunia digital bisa menghadirkan teknologi dan penangan daur ulang sampah, sehingga bisa menyelesaikan problem persampahan. Dengan cara ini, Buangdisini ingin berkontribusi nyata untuk membantu Kota Malang dan Indonesia dalam penanganan sampah dengan pintar.

“Kami juga ingin membantu masyarakat mendapatkan keuntungan dengan menjual sampah plastik dengan harga yang bagus. Kami ingin melakukan penanganan sampah plastik secara benar yang akan membawa kebermanfaatan yang berkelanjutan,” kata Arga.

Arga menambahkan sengaja Buangdisini juga membuka layanan pembelian sampah plastik di jalan Kota Malang, adalah untuk pelayanan bagi masyarakat atau pemulung yang tidak memiliki handphone. Untuk masyarakat yang sudah memiliki handphone, bisa menghubungi langsung Buangdisini untuk diambil dan dibeli.

“Minimal jika ada plastik 3 kilogram kami menyediakan layanan penjemputan pembelian sampah plastik ke lokasi dengan mobil,” terang Arga.

Pemulung asal Splendid Kota Malang, Munir mengaku senang dengan dibukanya layanan pembelian sampah plastik Buangdisini di Simpang Balapan Kota Malang. Pasalnya Buangdisini membeli sampah plastik dengan harga yang bagus.

“Saya semakin semangat mengumpulkan sampah plastik untuk dijual. Semoga apa yang dilakukan Buangdisini terus berlanjut. Karena sangat membantu untuk meningkatkan pendapatan,” tegas Munir. (cah/ram)

Kabar Terbaru