oleh

Sukamakmur Panen Kopi

-Berita-1606 Dilihat

Sukamakmur Panen Kopi 239

BERITA BOGOR – Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan kunjungi acara panen, pameran kopi dan penyerahan bantuan alat mesin pertanian kepada Kelompok Tani Gunung Batu, di Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur, Selasa (31/5/2022).

Kabupaten Bogor memiliki potensi besar dalam pengembangan komoditas kopi. Kopi Robusta Kabupaten Bogor memiliki rasa yang unik, mutu fisik yang relatif bagus dan cita rasa fine. Kemudian meraih banyak prestasi nasional hingga internasional yaitu Bronze Medal Avpa Gourmet Product pada Pameran Sial Paris di Perancis.

Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan menjelaskan, Kabupaten Bogor memiliki potensi besar dalam pengembangan komoditas kopi. Terdapat 6.089 ha perkebunan Kopi Robusta rakyat, dengan jumlah petani kopi mencapai 28.935 orang dan produksi tahun 2021 sebesar 4.150 ton.

Baca juga :  Gas Elpiji 3 Kilogram Langka Lagi Bikin Kesal Emak Emak

“Kedepan kami akan menjadikan Kecamatan Sukamakmur sebagai sentra kopi, selain jadi destinasi wisata alam, bisa jadi destinasi wisata kopi dan pasar kopi di Kabupaten Bogor. Mari bersama kita sosialisasikan secara luas, agar Sukamakmur ini dikenal sebagai sentra kopi,” ujar Iwan Setiawan. 

Dirinya berharap semakin banyak anak muda yang masuk di bidang pertanian sehingga dapat lebih banyak memanfaatkan teknologi digital untuk produksi (smart farming) dan pemasaran. “Semoga dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan produksi dan kualitas mutu kopi agar semakin berdaya saing dan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan para petani,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Siti Nurianty mengatakan, sesuai dengan salah satu Program Pancakarsa, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan adalah produksi Kopi Robusta terbesar se-Jawa Barat.

Baca juga :  Harga Bawang Belum Turun Harga Cabai Naik

Berdasarkan data statistik Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat. Kabupaten Bogor menyumbang 40% dari total produksi Kopi Robusta di Jawa Barat.

“Adapun sentra produksi Kopi Robusta di Kabupaten Bogor meliputi Kecamatan Sukamakmur, Tanjungsari, Cariu, Babakan Madang, Pamijahan dan Megamendung,” kata Siti Nurianty.

Ia menerangkan, Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan kembali menyalurkan bantuan berupa benih kopi, bantuan bangunan UPH, bantuan bangunan pengering, pulper kopi, mesin grading, huller kopi dan sarana lainnya kepada lima kelompok tani. (tim)

Artikel Terkait :

Baca Artikel Aslinya