oleh

Sidak Pabrik Diduga Mencemari Sungai Cileungsi

-Berita-365 Dilihat

BERITA BOGOR – Kepala Dinas Lingkungan Hidup  (DLH) Kabupaten Bogor Panji Ksatriyadji, mengatakan bersama pihak DLH Provinsi Jawa Barat telah melakukan Inspeksi mendadak kelayakan Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) yang mencermari Sungai Cileungsi, Rabu (16/10/2019). 

Sebanyak delapan pabrik yang diperiksa atau terlapor karena diduga membuang bahan, beracun dan berbahaya (B3) ke sungai Cileungsi. Petugas Pengawas Lingkungan Hidup (PPLH) pada DLH Provinsi Jawa Barat, Ana Okraviani menuturkan sempat terjadi upaya penghalangan tim DLH Jawa Barat maupun DLH Kabupaten Bogor oleh manajemen pabrik obat tersebut secepatnya akan dilimpahkan ke pihak kepolisian.

“Saat kejadian tim yang beranggotakan Kepala DLH Jawa Barat dan Kepala DLH Kabupaten Bogor sebelum memutuskan pulang bahkan harus menunggu jawaban manajemen pabrik obat tersebut selama satu jam lebih lima menit,” jelasnya. 

Baca juga :  Ratusan Pohon Rawan Roboh

Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Benny Cahyadi kepada wartawan, mengatakan jajarannya juga masih menunggu uji laboratorium yang masih diproses oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) baik limbah cair maupun limbah padat.

“Kami sudah police line atau segel saluran pembuangan limbah B3-nya, sementara hasil uji laboratorium limbah cair dan padat sebentar lagi akan keluar. Dugaan kami tingkat kadarnya melebihi standar baku mutu,” tambahnya.

Selain delapan perusahaan yang terancam pasal 58 ayat 4 Undang-Undang No 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dengan ancaman maksimal penjara 3 tahun dan denda maksimal Rp3 miliar. Selanjutnya, satu pabrik obat di wilayah Gunung Putri juga akan dikenakan ancaman pasal 115 Undang-Undang No 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. (*/red)

Baca juga :  Warga Kranggan Protes Pabrik Tahu

Artikel Terkait :

WALHI Jabar Soroti Sungai Cileungsi Tercemar Limbah B3

Kabupaten Bogor Butuh Bantuan DKI Jakarta Tangani Sampah Kalibaru

Apel Beracun Bukan Dongeng Putri Salju

Sungai Cileungsi Tercemar Limbah B3

Sungai Cigede Karang Asem Tercemar Sampah

Warga Kranggan Protes Pabrik Tahu

Labkesda Teliti Dugaan Pencemaran Air Sumur Warga

Warga Diminta Lestarikan Sungai

Baca Artikel Aslinya