oleh

Seorang Petani Terseret Arus Sungai Ciherang Berhasil Ditemukan

Seorang Petani Terseret Arus Sungai Ciherang Berhasil Ditemukan 239

Seorang Petani Terseret Arus Sungai Ciherang Berhasil Ditemukan 240

BERITA BOGOR – Penelusuran Kali Cigede (Sungai Ciherang) yang terletak di wilayah Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor Jawa Barat dilanjutkan. Seorang petani kelahiran tahun 1950 yang dikabarkan terseret arus deras telah berhasil ditemukan Tim SAR Gabungan. 

Seorang petani berinisial Aj (72 tahun) warga RW 04 Desa Karang Tengah jasadnya ditemukan Tim SAR Gabungan menggunakan peralatan selam di Sungai Ciherang sekitaran Jembatan Dua Jungleland Sentul City, Senin (14/11/2022) Siang, dalam kondisi sudah tidak bernyawa. 

Petugas keamanan Jungleland, Wahyu, membenarkan penemuan jasad tersebut berada di lokasi sekitaran Jembatan Dua Jungleland Sentul City. Kedalaman sungai membuat Tim SAR Gabungan melakukan penyelaman guna melakukan evakuasi korban terseret arus sejak (13/11) Siang. 

Kapolsek Babakan Madang Kompol Ricky Wowor.mengatakan, pencarian yang kita lakukan bersama tim gabungan dari Koramil Babakan Madang, BPBD, Basarnas, Sat Pol PP, Damkar, PMI, Muspika, rekan-rekan relawan dan warga pada hari ini membuahkan hasil korban berhasil kita temukan dalam kondisi meninggal dunia.

“Korban hanyut ditemukan Tim SAR Gabungan bersama warga pada Pukul 10.30 WIB. Jenazah korban langsung kita serahkan kepada pihak keluarga korban dan selanjutnya akan langsung di makamkan oleh keluarga,” kata Kapolsek Babakan Madang, Senin (14/11/2022). 

Baca juga :  WALHI sebut Pompa Air Tak Bisa Diandalkan Kendalikan Banjir

Satu hari sebelum ditemukan jasad korban, sejumlah personil yang dikerahkan dengan peralatan alat selam dan perahu karet menuju lokasi kejadian yang berada pada koordinat Lat 6,572455 “S dan Long 106 902848 “E Kampung Babakan RT 05RW 05 Desa Karang Tengah. 

Tim SAR Gabungan dibantu warga setempat pun bahu membahu melakukan pencarian korban dengan melakukan penyisiran Sungai Ciherang dengan upaya pencarian yang dilakukan petugas melalui metode penyisiran darat oleh Tim SAR Gabungan bersama warga setempat. Namun, dikarenakan faktor cuaca hujan intensitas cukup tinggi pada pukul 17.30 WBi diputuskan pencarian akan dilanjutkan pada hari berikutnya.

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Bogor Adam Hamdani, (14/11) Siang, membenarkan pencarian dilanjutkan sejak pagi hari ini menelusuri aliran Sungai Ciherang hingga ke lokasi ditemukannya jasad korban tersebut. Jasad korban dikembalikan kepada pihak keluarga di rumah duka dengan iring-iringan warga beserta Tim SAR Gabungn. (bili) LIHAT VIDEO

LAPORAN KEJADIAN BENCANA ALAM PUSDALOPS-PB BPBD KABUPATEN BOGOR* JENIS KEJADIAN
Orang Hanyut / Dayung Patah
TERIMA LAPORAN
Hari         : Minggu
Tanggal  : 13 November 2022
Waktu     : 13.40 WIB
Sumber   : Kasi Kedaruratan
WAKTU KEJADIAN PADA
Hari        : Minggu
Tanggal : 13 November 2022
Waktu.   : 12.00 WIB
LOKASI/TEMPAT KEJADIAN
Kampung : Kp. Babakan Rt. 05/05
Desa/Kel : Karang Tengah
Kecamatan : Babakan Madang
Kabupaten : Bogor
LETAK GEOGRAFI
Lokasi Kejadian Berada pada koordinat sbb :
Lat   : 6,572455 "S Long : 106 902848 "E KRONOLOGIS KEJADIAN
Menurut keterangan saksi mata, korban pulang dari sawah pada saat menyebrangi sungai cigede korban yang dimana tiba tiba arus air menjadi deras menyababkan korban terbawa arus
IDENTITAS KORBAN
Nama.   : Bapak Ujum
Umur     : 72 tahun
Alamat: Kp.Gelewer Rt 04 Rw 04
Ciri Ciri Korban
1. Warna Kulit Hitam
2. Baju Hijau
3. Celana Hijau
SAKSI :
1. Ibu Icih 2. Ibu Eroh
3. Ibu Icah
LANGKAH YG DI LAKSANAKAN TRC BPBD KAB BOGOR
1. Koordinasi dengan Aparat Setempat
2. Melakukan tindakan sesuai standar operasional prosedur (SOP) Kebencanaan
3. Melakukan Assesment / Kaji Cepat 4. Melakukan analisa di TKM
4. Melakukan pencarian Darat dan Air 5. Evaluasi
KEBUTUHAN DASAR
1. Set Alat Water Rescue
2. Set Alat Selam
APARAT YG TERLIBAT DI LAPANGAN
1. TRC BPBD KAB. BOGOR
2. Damkar Kab. Bogor
3. Basarnas
4.Aparat desa setempat
5 Bhabinmas 6. Babinsa
7. Linmas Kab. Bogor
8. Tagana kab. Bogor
9. Orari kab bogor
10. Potensi Sar Gabungan
11.Linmas kab bogor
SITUASI AKHIR
- korban sudah di ketemukan di jembatan jangelen 2 dari titik awal sekitar 2 km dan korban sudah di berikan kepada keluarga untuk di kebumikan - Pencarian di tutup pada pukul 11.30.wib di pimpin oleh Tim sar gabungan ANGGOTA DI LOKASI
Tim TRC BPBD Kabupaten Bogor
Jl. Raya Tegar Beriman No. 1 Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

.

Artikel Terkait :

Baca Artikel Aslinya

Kabar Terbaru