oleh

Semarak Festival Bogasari, Wujud Dukungan Pada UMKM Kuningan

-Berita-134 Dilihat

KUNINGAN – Setelah 3 tahun lebih terkendala oleh pandemi Covid-19, PT Indofood Sukses Makmur Tbk Divisi Bogasari kembali menggelar kegiatan promosi sekaligus promosi produk UKM secara tatap muka kepada masyarakat yang bertajuk Festival Mie dan Jajanan Bogasari. Acara di buka oleh Wakil Bupati Kuningan, H. Muhammad Ridho Suganda SH MSi, Minggu (10/09/2023) bertempat di Lapangan Pandapa Paramarta, Kuningan.

Acara bertajuk dukungan kepada UMKM tersebut diisi oleh setidaknya 30 stand UMKM binaan Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan yang menjajakan beragam kuliner olahan terigu dari Bogasari.

Selama penyelenggaraan acara, Bogasari menyiapkan promo khusus berupa kupon potongan harga produk UKM senilai Rp 5 ribu bagi pengunjung yang bisa menunjukan aplikasi mobile Bogasari. Dan banyak kupon potongan belanja yang siap menyenangkan hati para pengunjung dan UKM.

Disebutkan oleh Syah, selaku Koordinator area sales Bogasari Wilayah 3 Cirebon, bahwa sektor wisata menjadi sektor yang terdampak cukup parah ketika pandemi kemarin. Namun UKM menjadi sektor yang cukup kuat untuk menopang perekonomian negara.

“Karenanya pada Festival Bogasari 2023 ini kita pilih 3 kota yang memiliki potensi wisata yang tinggi. Sebagai pembukaan, kita adakan di sini di lapangan Pandapa Paramarta kuningan, selanjutnya di Semarang dan Bantul”

Lebih lanjut, Syah menyebutkan bahwa Bogasari sangat berharap para UKM dan masyarakat kabupaten Kuningan bisa mengkolaborasikan terigu dengan hasil pertanian lokal Kabupaten Kuningan.

“Menurut data yang kami terima, Jawa Barat menghasilkan sekitar 489.920 ton ubi jalar pada tahun 2021. Sebanyak 121.978 atau 24,9 % nya dihasilkan di Kabupaten Kuningan, sehingga Kuningan ini menduduki posisi pertama produsen ubi jalar di Jawa Barat. Jenis yang terbanyak diproduksinya adalah ubi jalar ungu. Dan Ini peluang yang sangat bisa dikembangkan” Ujarnya.

Sementara Wabup Edo memulai sambutannya dengan mengucapkan selamat datang kepada semua undangan yang telah hadir di Kuningan.

“Festival bogasari 2023 adalah sebuah even yang sangat dinantikan, yang menghadirkan kepada kita semua peluang untuk merayakan keindahan dan keragaman budaya kuliner yang kita miliki, yang berakar kuat dalam tradisi kami di kuningan. Kami bangga menjadi tuan rumah festival ini, yang bertujuan untuk mempromosikan makanan berbasis terigu dan semua kelezatannya” Tutur Edo, sapaan akrab Wakil Bupati Kuningan.

Selanjutnya Edo menyebutkan bahwa umkm adalah tulang punggung perekonomian lokal di berbagai daerah, termasuk Kuningan. Peran UMKM dalam menciptakan lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi dinilai sangat baik.

“Karenanya, pemerintah kabupaten kuningan telah meluncurkan berbagai program pemberdayaan dan dukungan untuk umkm kami. Dan terkait Festival ini, penghargaan khusus kepada bogasari, yang telah menunjukkan kepedulian yang besar terhadap pengembangan umkm di kuningan. Ini merupakan Kolaborasi yang sangat manis” Ujar Edo.

Terakhir, Wabup Edo mengajak kepada segenap masyarakat yang hadir untuk menikmati setiap momen dalam festival bogasari 2023 ini.

“Mari kita sambut tamu-tamu dari berbagai penjuru, dan mari kita ciptakan kenangan yang tak terlupakan bersama-sama” Tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan pemukulan Gong tanda dimulainya Festival Bogasari 2023. Wabup Edo bersama undangan lain berkesempatan menyicipi beragam Kuliner asli Kuningan.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan dan beberapa petinggi dari Boga sari. (BagProkompim/SetdaKuningan)