oleh

Sektor Citeureup Butuh Tambahan Unit Armada Pemadam Kebakaran

-Berita-325 Dilihat

Sektor Citeureup Butuh Tambahan Unit Armada Pemadam Kebakaran 239

BERITA BOGOR – Kepadatan jumlah penduduk di wilayah cakupan pelayanan Pemadam Kebakaran Sektor Citeureup Kabupaten Bogor idealnya membutuhkan 102.974 personil pemadam kebakaran dari jumlah total 514.874 jiwa penduduk.

Namun, daya dukung anggaran pemerintah daerah Kabupaten Bogor belum mumpuni terutama untuk penambahan unit armada pemadam kebakaran.

Saat ini Sektor Citeureup hanya memiliki 48 personil pemadam kebakaran dengan daya dukung tiga unit armada saja. “Kalau idealnya untuk 5000 jiwa penduduk membutuhkan seorang personil, namun saat ini 48 personil untuk melayani tiga kecamatan,” ucap Komandan Sektor Citeureup Andang Hidayat, S.Ip. ditemui dikantornya Rabu (2/3/2022).

Wilayah cakupan layanan, kata Andang menambahkan, Kecamatan Citeureup, Kecamatan Babakan Madang, dan Kecamatan Sukamakmur dengan kepadatan penduduk yang cukup tinggi. Berdasarkan data BPS Kabupaten Bogor tahun 2020 untuk wilayah Babakan Madang terdata 114.641 jiwa, Sukamakmur 185.565 jiwa, dan Citeureup 214.668.

Baca juga :  Diduga Akibat Lalai Pabrik Arang Dilalap Api

“Bahkan, untuk sebagian wilayah Kecamatan Gunung Putri dan Sukaraja juga masuk wilayah cakupan layanan, jadi butuh satu unit armada pemadam kebakaran dengan kapasitas 3500 liter air,” tambahnya.

Ia mengatakan, untuk menjangkau wilayah Citeureup dan Babakan Madang dapat ditempuh hanya 10-15 menit, sedangkan waktu tempuh unit armada ke wilayah Kecamatan Sukamakmur mencapai 20-25 menit.

“Kendala di Citeureup adalah kemacetan di sekitar pasar, dan wilayah kecamatan lainnya adalah penyempitan jalan dan jalan yang berbukit. Rata-rata tiap bulan ada 5 kejadian kebakaran skala sedang,” ujarnya kepada Rakyat Bogor.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Bogor meluncurkan Relawan Pemadam Kebakaran dengan jumlah relawan sebanyak 300 orang yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-103 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bogor tingkat nasional, di halaman Dinas Damkar Kabupaten Bogor, Cibinong, Selasa (1/3) kemarin.

Baca juga :  Warga Tewas Terjebak Api

Dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan, berjanji akan mengawal kebutuhan anggaran, dan segala kebutuhan-kebutuhan untuk membuat tangguh petugas Damkar Kabupaten Bogor, karena urusan Damkar adalah urusan wajib yang ada di Kabupaten Bogor.

Untuk diketahui, Kementerian Dalam Negeri telah menerbitkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 36 tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 99 tahun 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga untuk melibatkan peran serta masyarakat dalam bentuk dukungan relawan pemadam kebakaran. upaya pemadam kebakaran untuk mencapai respon time 15 menit dari laporan terhadap kejadian bencana kebakaran dan penyelamatan. (red)

Artikel Terkait :

Baca Artikel Aslinya