oleh

Sekda Kuningan Hadiri Musrenbang Tingkat Kecamatan Kuningan

-Berita-124 Dilihat

KUNINGAN,- Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 Kabupaten Kuningan mulai disusun tahun ini. Secara bertahap di masing masing kecamatan mulai melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) seperti Kecamatan Kuningan menggelar Musrenbang Kecamatan di Aula Kel. Winduhaji, Kamis (3/2/2022) di Buka Langsung Sekda Kuningan Dr. Dian Rachmat Yanur, M.Si. 

Sekda Kuningan menuturkan, melalui Forum Musrenbang  Kecamatan ini,  kita akan berdiskusi  dan bermusyawarah guna    merumuskan   berbagai persoalan yang memerlukan penanganan segera dan menyangkut hajat hidup masyarakat. Dan  upaya pencapaian target  yang telah disepakati/ditetapkan  khususnya dalam RPJMD.

Ia mengatakan, persoalan  kemiskinan dan pengangguran masih menjadi persoalan   yang harus kita  diselesaikan bersama. Untuk itu dalam hal pengusulan kegiatan dalam forum musrenbang kecamatan persoalan tersebut harus menjadi prioritas.   

“Pemerintah kecamatan hingga desa/kelurahan harus mengetahui data jumlah kemiskinan by name by address  yang ada di wilayahnya masing masing. Data ini akan lebih memudahkan,  faktor apa yang menyebabkan kemiskinan dan bagaimana solusinya. Sehingga arah usulan kegiatan dapat disesuaikan.  

Sekda Kuningan  menuturkan, bagi desa/kelurahan yang mampu menurunkan angka kemiskinan  akan diberikan bantuan khusus keuangan desa. Untuk itu  harus memahami kondisi berapa persen angka kemiskinan, nama dan alamat, juga penanganannya disesuaikan dengan daerah masing-masing.

Dalam kesempatan itu Sekda Kuningan membacakan Sambutan Bupati Kuningan,  H. Acep Purnama, MH., bahwa pada tahun keempat pelaksanaan  RPJMD 2018 – 2023, Ia  menyebutkan, ada beberapa isu strategis yang perlu mendapat perhatian dalam menyusun program  dan kegiatan, yaitu Penurunan angka kemiskinan, Penurunan tingkat pengangguran terbuka, Peningkatan sentra-sentra pertanian/peternakan/perikanan berbasis potensi lokal.

“Peningkatan aksesibilitas masyarakat terhadap pelayanan dasar (pendidikan, kesehatan, ketersediaan air bersih, sanitasi, perumahan, dan informasi), Peningkatan potensi investasi daerah, Pengembangan ekonomi kreatif, destinasi dan pemasaran wisata berbasis desa,”katanya.  

Tak ketinggalan dikatakan Sekda Dian, Peningkatan inovasi daerah di sektor layanan publik, Reformasi birokrasi (Penerapan E-Government, reformasi kelembagaan, dan ketatalaksanaan serta penerapan sistem merit), dan Kerentanan bencana sedang sampai tinggi.

Sekda Kuningan  berharap usulan kecamatan pada musrenbang kecamatan ini dapat menjawab sembilan isu strategis tadi dan program unggulan daerah yang telah ditetapkan dalam RPJMD. Terutama terkait pengentasan kemiskinan. Untuk itu dalam kegiatan perhatikan juga  padat karya dan pemberdayaan masyarakat.

Sementara itu Camat Kuningan  Didin Bahrudin S.Sos MSi, menjelaskan, Musrenbang Kecamatan diselenggarakan untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi SKPD.  Turut hadir Kepala Desa/Kelurahan se Kecamatan Kuningan, Tim Monitoring dari Bappeda, dan peserta Musrenbang dan lainnya. (BID/IKP/DISKOMINFO)

 

Kabar Terbaru