oleh

Sambutan Peringatan Hari Keluarga Nasional Tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2022

-Berita-291 Dilihat

Sambutan Peringatan Hari Keluarga Nasional Tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2022 239

SAMBUTAN
Plt. BUPATI BOGOR
DALAM RANGKA HARI KELUARGA NASIONAL
(HARGANAS) TAHUN 2022

HARI/ TANGGAL : KAMIS, 28 JULI 2022
TEMPAT : AUDITORIUM SETDA KAB BOGOR
PUKUL : 07.30 – SELESAI

Yth. Forkompimda atau yang mewakili;
Yth. Ketua DPRD Kab. Bogor atau Yang Mewakili;
Yth. Ketua Komisi IV DPRD Kab. Bogor ;
Yth. Para Kepala OPD atau yang mewakili
Yth. Drs. Rukman Heryana, M.M. dari Komisioner
Standarisasi Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat
Yth. Pimpinan Bank BJB Cibinong atau yang mewakili;
Yth. Pimpinan Perumda Tirta Kahuripan :
Yth. Kepala RSAU dr. Hassan Toto atau yang mewakili:
Yth. Para Camat se kab. Bogor atau yang mewakili:
Yth. Ketua TP PKK Kab. Bogor atau yang mewakili:
Yth. Para penerima penghargaan:
Yth. Hadirin Tamu Undangan yang Berbahagia ;

Assalammualaikum Wr. Wb.

1. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, karena hanya atas rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul dan bersilaturahmi dalam rangka mensukseskan puncak acara peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 29 dan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Bogor .

2. Hari keluarga nasional diperingati sebagai upaya untuk menumbuhkan rasa kebersamaan antar anggota keluarga, serta diharapkan bisa menjadi wadah untuk mensosialisasikan sekaligus mengoptimalkan fungsi keluarga.

3. Tema Harganas dan HAN Tahun ini adalah “AYO CEGAH STUNTING AGAR KELUARGA BEBAS
STUNTING, ANAK TERLINDUNGI INDONESIA
MAJU”.

4. Fokus tema harganas dan han adalah bagaimana peran berbagai pihak dalam rangka mencegah stunting merupakan suatu kondisi kekurangan asupan makanan yang bergizi dalam waktu yang lama, salah satunya karena masih banyaknya keluarga yang belum paham terhadap pola asuh dan perilaku hidup bersih dan sehat.

5. Pemerintah berkomitmen untuk menurunkan angka stunting menjadi 14 persen pada tahun 2024, karena itu keluarga adalah tonggak pertama yang harus bisa mencegah terjadinya stunting, melalui pencegahan sejak sebelum perkawinan sampai 1000 hari pertama kehidupan.

Baca juga :  Daftar Nama 65 Kepala Desa Masa Bhakti 2014- 2020

6. karena stunting merupakan salah satu hal yang menghambat pertumbuhan, kemajuan, kesejahteraan dan kebahagiaan sebuah bangsa. Keluarga Bahagia akan melahirkan bangsa yang Bahagia, keluarga sejahtera akan melahirkan bangsa sejahtera.

7. Harganas merupakan perwujudan pentingnya arti keluarga terhadap upaya memperkuat ketahanan nasional . sebagai institusi terkecil dalam masyarakat keluarga menjadi pondasi penting awal pembangunan karakter bangsa.

8. Keluarga harus benar-benar dibangun dengan baik, jangan sampai terdapat ketidak harmonisan karena hal tersebut merupakan salah satu penyebab pola asuh terhadap anak menjadi kurang baik

9. Dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing salah satunya dengan menyatukan kekuatan untuk memenuhi hak- hak anak dan melindungi anak.

10. Sebab anak memiliki 4 hak dasar yaitu hak untuk hidup, hak untuk tumbuh berkembang, hak untuk mendapatkan perlindungan demikian hak partisipasi. Pemenuhan hak anak-hak anak tersebut sifatnya sangat kompleks dan multi sectoral sehingga komitmen lintas sector menjadi sangat essensial.

11. Anak juga hidup di dalam sebuah system yang tidak dapat dilepaskan dari darinya baik itu keluarga sekolah, masyarakat, bahkan kekebijakan budaya dan waktu, sehingga seluruh upaya pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak harus terintegrasi dengan seluruh system yang melingkupi mereka.

12. Selanjutnya kami memberikan apresiasi dan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Bogor yang telah menerima penghargaan kabupaten Laya Anak katagori Madya semoga pada tahun mendatang akan lebih lebih baik dan perprestasi. Juga kepada para pengelola Program bangga lencana yang pada tahun ini menerima penghargaan. Semoga penghargaan yang didapat menjadi semangat untuk terus membangun kabupaten Bogor yang kita cintai.

13. Demikian yang dapat kami sampaikan.

Sambutan Peringatan Hari Keluarga Nasional Tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2022 240

SAMBUTAN
KEPALA DINAS PEMBERDAYAAN
PEREMPUAN & PERLINDUNGAN ANAK,
PENGENDALIAN PENDUDUK & KELUARGA
BERENCANA KABUPATEN BOGOR

HARI/ TANGGAL : KAMIS, 28 JULI 2022
TEMPAT : AUDITORIUM SETDA KAB BOGOR
PUKUL :  07.30 – SELESAI

Baca juga :  Greeting Disnakertrans Kabupaten Bogor

Yth. Plt. Bupati Bogor atau yang mewakili ;
Yth. Forkompimda atau yang mewakili;
Yth. Ketua DPRD Kab. Bogor atau Yang Mewakili;
Yth. Ketua Komisi IV DPRD Kab. Bogor ;
Yth. Para Kepala OPD atau yang mewakili
Yth. Drs. Rukman Heryana, M.M. dari Komisioner
Standarisasi Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat
Yth. Pimpinan Bank BJB Cibinong atau yang mewakili;
Yth. Pimpinan Perumda Tirta Kahuripan :
Yth. Kepala RSAU dr. Hassan Toto atau yang mewakili:
Yth. Para Camat se kab. Bogor atau yang mewakili:
Yth. Ketua TP PKK Kab. Bogor atau yang mewakili:
Yth. Hadirin Tamu Undangan yang Berbahagia ;

Assalammualaikum Wr. Wb.

1. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, karena hanya atas rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul dan bersilaturahmi dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 29 dan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Bogor .

2. Tema yang diusung pada peringatan Harganas ke 29 Tahun ini adalah “ Ayo cegah stunting, agar keluarga bebas stuting, sedangkan tema Hari Anak Nasional adalah Anak Terlindungi Indonesia Maju.”

3. Peringatan hari Keluarga Nasional dan Hari Anak Nasional (HAN) berfokus pada pencegahan stunting serta pemenuhan dan perlindungan hak anak yang kedua hal tersebut berbasis keluarga, oleh karena itu ketahanan keluarga sebagai dasar sehingga keluarga mampu memahami, menghayati, mengimplementasikan delapan fungsi keluarga. Yaitu Fungsi agama, fungsi social
budaya, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi Pendidikan, fungsi ekonomi dan fungsi pelestarian lingkungan.

4. Peringatan Harganas dan Hari Anak Nasional bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian, kesadaran, dan peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat.

5. Dalam rangka Hari Jadi Bogor dan hari Keluarga Nasional Pada tahun 2022 DP3AP2KB Kabupaten Bogor telah mengadakan pemilihan dan memberikan penghargaan kepada para pengelola program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana atau Bangga Kencana serta dari Forum Anak Kabupaten Bogor yaitu :
A. Penyuluh KB Berprestasi
B. Tenaga Penggerak Desa /PLKB Non PNS
Terbaik
C. Kader Pos KB Teladan
D. Peserta KB Lestari 10, 15, 20 tahun
E. Bidan pelayanan terbanyak dalam kegiatan
sejuta akseptor
F. Dokter pelayanan MOW terbanyak dalam
kegiatan sejuta akseptor
G. Forum Anak kabupaten Bogor sebagaai
pelopor dan pelapor Kabupaten Layak Anak.

6. Bahwa dalam upaya pemenuhan dan perlindungan hak anak khususnya 4 hak dasar yaitu hak untuk hidup, hak untuk tumbuh berkembang, hak untuk mendapatkan perlindungan demikian hak partisipasi.

Baca juga :  P2TP2A Wanoja Mitandang Minta Orangtua Dampingi Anak Saat Akses Internet

Dilakukan berbagai upaya diantaranya dengan menjalin Kerjasama dengan BIRO PSIKOLOGI RUMAH CINTA serta dengan Indofood nutrition yang berkomitmen membantu percepatan penurunan angka stunting dalam bentuk penyuluhan dan pemberian susu pendamping khususnya bagi ibu hamil.

7. Selanjutnya kami mohon perkenan Plt. Bupati Bogor untuk memberik\an sambutan dan arahannya serta memberikan penghargaan bagi para pengelola program Bangga Kencana Kabupaten Bogor.

8. Selaku penyelenggara kegiatan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam pelaksanaan kegiatan ini banyak dijumpai kekurangan.

9. Bapak Plt. Bupati dan Tamu Undangan yang kami hormati, Demikian laporan yang dapat kami sampaikan. Billahi Taufiq Wal Hidayah
Wassalammualaikum Wr. Wb

Cibinong, 28 Juli 2022
Kepala,
Dra. Hj. Nurhayati, M.Si

Artikel Terkait :

Baca Artikel Aslinya