7 Juli 2022
oleh

RW. 020 Kelurahan Jatimakmur Kecamatan Pondok Gede Siap Raih RW Siaga Tingkat Kota Bekasi

-Berita-62 Dilihat

RW. 020 Kelurahan Jatimakmur Kecamatan Pondok Gede Siap Raih RW Siaga Tingkat Kota Bekasi

By Admin 05 Februari 2021 78 Views

KOTA BEKASI – Penilaian RW Siaga Tingkat Kota Bekasi kembali melanjutkan rangkaian penilaian di 12 Kecamatan. Kali ini kunjungan dilakukan di RW. 020 Sigma Kelurahan Jatimakmur Kecamatan Pondok Gede. Jum’at, (05/02/2022). 

Kesiapan dari warga RW. 020 Sigma terlihat sangat baik dan antusias dalam menyambut tim penilai RW Siaga. Ini dapat dilihat dari penyambutan yang dilakukan mulai dari gerbang masuk RW 020 tim sudah disambut oleh Karang Taruna Sigma, serta unsur pengurus RT dan RW 020 Sigma. 

Sejumlah program unggulan dari RW 020 Sigma dinilai oleh tim penilai, mulai dari kebun-kebun yang dikelola oleh warga sebagai lahan ketahanan pangan, sistem keamanan yang dilengkapi dengan one gate system dan dilengkapi dengan sejumlah titik kamera pengawas, juga terkait penanganan bencana dan Covid-19 di wilayah RW 020 Sigma. 

Memanfaatkan lahan kosong milik warga, RW 020 yang dikoordinir oleh kelompok tani yang terdiri dari warga di tiap RT membuat lahan kosong menjadi produktif dengan menanam berbagai jenis tumbuhan seperti sayur, pohon buah dan tanaman obat. Dari hasil tanaman yang dikelola swadaya oleh masyarakat itu dimanfaatkan hasil panennya untuk kebutuhan warga di sana dan sebagian dikemas dengan rapih untuk selanjutnya dijual di pasar UKM yang ada persis di depan gerbang masuk wilayah RW 020 Sigma. 

Terkait keamanan dan penanganan tindak kriminalitas di wilayah tersebut terkoordinasi dengan baik. Melalui sistem satu pintu pada akses masuk wilayah RW 02 Sigma yang dijaga 24 jam oleh security. Selain itu, peran warga dalam menjaga keamanan wilayah juga terlihat dengan adanya 5 pos kamling yang dijaga bergantian oleh warga. Sistem keamanan juga sudah dilengkapi dengan 25 titik kamera pengawas yang ditempatkan di ruas-ruas jalan dan beberapa rumah warga. 

Dalam penanganan Covid-19, warga RW 020 Sigma juga menyiapkan rumah isolasi bagi warga yang terkonfirmasi positif tanpa gejala berat dan tidak memungkinkan bila dilakukan isolasi mandiri di rumah sendiri, maka pihak RW menyiapkan rumah isolasi untuk warga. Selain itu, disiapkan juga satu unit mobil ambulance dan kantor posyandu yang juga dijadikan lumbung pangan bagi warga yang terkena Covid-19. 

Peran aktif para pengurus RW, RT, warga dan Karang Taruna setempat menjadi RW 020 menjadi semakin siap mendapat penghargaan sebagai RW Siaga Tingkat Kota Bekasi. Dengan terpenuhinya 3 aspek penilaian tadi dan ditambah dengan inovasi warga seperti di bidang keamanan dengan memasangkan kunci pengamanan bagi kendaraan bermotor secara gratis, juga inovasi dalam penanganan sampah melalui bank sampah yang hasilnya dapat dirasakan bagi warga untuk dapat membayar PBB tiap tahunnya. (IF-PIP)

Tags : Kelurahan Jatimakmur,RW Siaga Tingkat Kota Bekasi

Sumber : Bekasikota.go.id

Kabar Terbaru