oleh

Rotasi Eselon II di Tubuh Pemerintah Kabupaten Kuningan dilakukan Hari ini, Berikut Daftarnya

-Berita-121 Dilihat

KUNINGAN – Terjadinya kekosongan jabatan di beberapa pucuk Pimpinan SKPD pasca ditinggal karena Purna tugas dan meninggal dunia, Bupati Kuningan, H. Acep Purnama SH MH akhirnya melantik dan mengambil sumpah / janji Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan sekaligus melakukan rotasi jabatan eselon II, Jumat (22/09/2023) bertempat di Pendopo Kuningan.

Adapun nama-nama yang di rotasi, sesuai dengan pembacaan surat keputusan Bupati Kuningan, yang dibacakan oleh Dodi Sudiana, S.Stp selaku Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Kuningan, tentang pengangkatan dalam dan dari jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan, adalah sebagai berikut :

Ir. I. Putu Bagiasna, MT. Yang tadinya memegang Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan menjadi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, menggantikan H. M. Ridwan Setiawan yang Purna Tugas 1 Januari lalu.

Muhamad Mutofid, SH., M.T menjadi Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, meninggalkan jabatannya yang dulu selaku Kepala Dinas Perhubungan. Adapun kekosongan di Dinas Perhubungan diisi oleh Beni Prihayatno, S.Sos., M.Si.

Kemudian Drs. Dudy Budiana, M.Si menjadi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, setelah Alm Dian Fenti Asmara meninggal dunia Bulan November lalu. Adapun kekosongan dari Dinas Kearsipan dan Perpusatakaan selepas ditinggalkan Dudy Budiana diisi oleh Drs. H. Ahmad Juber, M.Si

Dr. Wahyu Hidayah, S.Hut., M.Si yang tadinya memegang pucuk pimpinan Dinas Komunikasi dan Informatika saat ini dipercaya menjadi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, adapun Drs. Ucu Suryana, M.Si meninggalkan jabatannya dari Asisten Administrasi Umum menjadi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika.

Kekosongan di Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Kuningan diisi oleh H. Mochamad Nurdijanto, SH., M.Si. dan Dr. Deni Hamdani, M.Si. saat ini menjadi Sekretaris DPRD Kabupaten  Kuningan

Dr. H. Toto Toharuddin,M.Pd. menjadi Kepala  Dinas Sosial, dimana Jabatan Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata diisi oleh Carlan, S.Pd., M.MPd. Adapun Drs. H. Dudi Pahrudin, M.Si. mengisi kekosongan Kepala          Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi pasca berpindahnya Elon Carlan.

Selanjutnya Dr. H. Mohamad Budi Alimudin, SE, M.Si. yang tadinya Kepala Kesbangpol menjadi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan kekosongan di Kesbangpol diisi oleh Drs. H. Nurahim, M.Si.

Trisman Supriatna,S.Pd., M.Pd. dirotasi ke Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan dan Perindustrian, menggeser posisi U. kusmana, S.Sos, M.Si. yang beralih tugas ke Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Drs. H. Uca Somantri, M.Si. bergeser mengepalai Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak selepas ditinggal Trisman.

Wawan Setiawan, S.Hut., MT. Menjadi Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan, meninggalkan posisi Kepala Dinas Lingkungan Hidup yang saat ini diisi oleh Drs. Laksono Dwi Putranto, M.Si.

Adapun mantan Kadiskanak, Drs. H. Dadi Hariadi, M.Si. menjadi Staf Ahlí Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik. Dan terakhir, Drs. Asep Budi Setiawan, M.Si. menjadi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu menggantikan posisi Drs Agus Sadeli yang purna Bakti September lalu.

Setelah ditetapkan, para pejabat Eselon II yang dirotasi tersebut dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Kuningan, disaksikan oleh Sekretaris Daerah Kuningan. Drs H. Dian Rachmat Yanuar Msi dan Inspektur Kuningan, Drs H. Deniawan M.Si disertai rohaniawan. Diilanjutkan dengan pembacaan pakta integritas, penandatanganan pakta integritas serta penyerahan petikan putusan oleh Bupati Kuningan.

Dalam sambutannya, Bupati Acep mengucapkan selamat dan sukses, kepada para pejabat yang saat ini di mutasi dan di rotasi. Bupati Acep juga menyebutkan bahwa  tugas ini diberikan oleh Bangsa dan Negara melalui Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan sekaligus merupakan rencana terbaik dari Allah SWT terkait dengan tugas dan penugasan kita sebagai abdi negara.

Selanjutnya Bupati Acep berpesan agar memaknai Jabatan ini sebagai amanah yang harus di emban dengan baik.

“Karena jabatan ini bukan mutlak milik saya, tetapi jabatan ini adalah yang diamanahkan kepada saya, pegang itu” Ucap Acep tegas. “Hindari dari perbuatan tercela, jauhi kkn, jangan keluar dari orientasi dimana saudara di tugaskan, bantu agar capaian semakin membaik, apa yang kurang harus di perbaiki, yang telah baik perlu ditingkatkan” Lanjut Acep.

Acep pun berharap agar para pejabat yang saat ini di rotasi agar selalu menerapkan sistem koordinasi yang baik, dengan memberikan kesempatan para pejabat lama untuk menyelesaikan tugas dan penugasan yang belum selesai, sehingga tidak ada istilah dengan jabatan yang baru seolah-olah langsung meninggalkan pekerjaan yang belum selesai.

Lebih lanjut, Bupati Acep mengingatkan bahwa tugasnya sebagai kepala Daerah akan berakhir Desember mendatang.

“Mari bantu saya untuk menuntaskan pekerjaan yang belum terselesaikan, karena saya ingin meninggalkan legacy yang baik. Dan ke depan, siapapun yang akan menjabat sebagai Bupati Definitif, agar selalu memberikan yang terbaik di bidangnya masing-masing” Tutup Acep.

Acara di lanjutkan dengan foto bersama. Adapun rotasi, mutasi maupun promosi bagi eselon III dan IV rencananya akan di lakukan Bulan Oktober nanti, mengingat banyak juga kekosongan jabatan mulai dari Sekdis, Kabid dan Camat pasca beberapa struktural yang purna bakti dan meninggal dunia (BagProkompim/SetdaKuningan)