oleh

Rangkaian Peringatan HUT ke-109 Kota Malang Akan Digelar Mei

-Berita-93 Dilihat

Klojen (malangkota.go.id) – Setelah tertunda beberapa waktu, rangkaian acara yang bakal memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-109 Kota Malang yang sedianya diperingati tanggal 1 April 2023 lalu akan segera digelar.

Kadisporapar Kota Malang Baihaqi

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Baihaqi mengatakan, rangkaian acara yang sempat tertunda karena bertepatan dengan Bulan Ramadan itu akan dilaksanakan pada bulan Mei 2023 dengan dimeriahkan beberapa festival menarik.

“Setelah Lebaran ada rangkaian acara dalam rangka memeriahkan HUT Kota Malang. Jadi rangkaian HUT ke-109 Kota Malang ini akan lebih banyak dilaksanakan di bulan Mei. Dari Disporapar, kami memiliki kewenangan untuk menyemarakkan HUT Kota Malang,” terang Baihaqi saat dikonfirmasi, Minggu (30/4/2023).

Jika tidak ada kendala teknis, Baihaqi menyampaikan rangkaian rencana rangkaian acara akan dimulai pada 13 Mei 2023 diramaikan festival kuliner hingga kriya. Diantaranya yakni Festival Bakso, Festival Fesyen Daur Ulang, Festival Jaranan, dan lain sebagainya.

“Di tanggal 13 Mei itu ada Festival Bakso, kemudian Fesyen Daur Ulang. Itu (rencananya) dilaksanakan di depan Balai Kota Malang dan sekitarnya. Nanti juga melibatkan UMKM. Selain itu juga nanti ada festival lomba olahraga tradisional, ada pencak dan tanjidor, festival jaranan,” bebernya.

Tak hanya itu, dikatakan Baihaqi, puncak kemeriahan perayaan HUT Kota Malang ini direncanakan terselenggara pada 28 Mei 2023 yang berlokasi di Kampoeng Heritage Kajoetangan. Ditambahkannya, pemilihan tempat tersebut juga semata-mata sebagai upaya pemaksimalan promosi salah satu wisata Kampung Tematik di Kota Malang ini.

“Ada yang insyaallah nanti dilaksanakan pada tanggal 28 Mei 2023 di koridor dan Kampoeng Heritage Kajoetangan. Nanti juga melibatkan warga di dalam kampungnya. Rangkaian HUT ini juga sebagai upaya pemaksimalan promosi kami untuk destinasi wisata kampung tematik di Kayutangan,” urainya.

Disisi lain, seolah menjadi kado HUT ke-109 Kota Malang, disebutkan oleh Baihaqi bahwa pada tanggal 27-30 Mei 2023 mendatang, Kota Malang juga berkesempatan untuk menjadi tuan rumah Festival Olahraga Daerah (FORDA).

“Terus alhamdulillah-nya lagi, mulai tanggal 27 sampai tanggal 30 Mei 2023, di Malang ini akan ada Festival Olahraga Daerah (FORDA) yang diikuti oleh 22 Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, itu juga bisa untuk memeriahkan HUT Kota Malang ini,” jelasnya.

Diakhir penyampaiannya, Baihaqi berharap agar festival-festival, baik regional maupun nasional yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT ke-109 Kota Malang ini dapat memberikan efek peningkatan perekonomian dan potensi pariwisata di Kota Malang.

“Jadi event-event regional maupun nasional itu kami tarik semua ke Malang, tujuannya dalam rangka meningkatkan perekonomian dan pariwisatanya. Disisi lain, Kota Malang akan semakin dikenal seantero bumi pertiwi ini,” pungkasnya. (say/yon)