oleh

PT Pos Intensifkan Pencairan BLT Migor dan Bansos Pangan

-Berita-308 Dilihat

PT Pos Intensifkan Pencairan BLT Migor dan Bansos Pangan 1JATENG, kabarSBI.com – Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng dan bantuan sosial (Bansos) pangan tunai di Kabupaten Temanggung diterimakan oleh PT Pos Indonesia kepada 80.324 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kepala Kantor Pos Temanggung Arif Maulana mengatakan, penyaluran BLT minyak goreng dan bansos pangan tunai dimulai Selasa (12/4/2022), dan diintensifkan mulai Senin (18/4/2022).

Sebab, sesuai perintah dari Presiden Jokowi, bahwa 7 hari sebelum lebaran, BLT minyak goreng dan bansos pangan tunai sudah harus diterimakan pada KPM. Oleh karena itu, pada 25 April 2022 merupakan tenggat waktu penyaluran bantuan.  “Dijadwalkan pada 25 April 2022 penyaluran BLT minyak goreng dan bansos pangan tunai sudah selesai,” kata Arif Maulana, saat dikonfirmasi, Senin (18/4/2022).

Ia mengatakan, BLT minyak goreng sebanyak Rp100 ribu per bulan untuk tiga bulan atau setiap KPM menerima Rp300 ribu. Sedangkan bansos pangan tunai sebesar Rp200 ribu, yakni untuk bulan Mei. Sehingga total tiap KPM menerima Rp500 ribu.  Arif menambahkan, untuk bansos pangan tunai, pada April dan Juni rencana dikembalikan melalui e-warung, sehingga bukan lagi lewat PT Pos Indonesia.

Dikemukakan, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk pencairan BLT minyak goreng dan bansos pangan tunai. Selain itu, ia juga meminta dukungan dari semua pihak termasuk dari kepolisian dan pemerintah desa, agar pencairannya berjalan lancar.

Menurutnya, data sebanyak 80.324 KPM yang memperoleh BLT minyak goreng dan bansos pangan tunai, diterima dari Kementerian Sosial terperinci berdasarkan by name by address atau nama sesuai alamat. Adapun penjadwalan penerimaan BLT minyak goreng, disusun bersama dengan Dinas Sosial Kabupaten Temanggung, berdasarkan kecamatan dan desa, untuk menghindari kerumunan dan kecepatan dalam pencairan.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Temanggung Prasojo mengatakan, pada Selasa (12/4/2022) warga yang sudah menerima BLT Minyak Goreng adalah warga di Kecamatan Bansari dan Bulu.

Sedangkan pada Senin (18/4/2022) warga yang terjadwal adalah di Kecamatan Bejen, Pringsurat, Kaloran, Jumo dan Kledung. Harapannya, bantuan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh warga.(simon/red)

Baca Artikel Aslinya