oleh

Pokja Desa Sehat Kecamatan Sukamakmur Dikukuhkan

-Berita, Utama-313 Dilihat

Pokja Desa Sehat Kecamatan Sukamakmur Dikukuhkan 231

BERITA BOGOR – Guna pengendalian lingkungan sehat dan meningkatkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), pihak Kecamatan Sukamakmur membentuk 5 Pokja Desa Sehat.

Pembentukan dan Pengukuhan Kelompok Kerja (Pokja) Desa Sehat periode 2021-2026 meliputi Desa Sukaharja dan Desa Sukaresmi yang berada di wilayah pelayanan Puskesmas Sukadamai, serta Desa Sukamakmur, Desa Sukamulya dan Desa Sirnajaya yang berada di wilayah pelayanan kesehatan Puskesmas Sukamaknur.

Pembentukan pengurus di 5 Desa Sehat tersebut dilakukan pada tanggal 11 – 14 Januari 2022 di masing – masing aula kantor Desa yang dihadiri oleh Sekretaris Camat (Sekcam) Sukamakmur, Bakri Hasan, Kades, Sekdes, aparat desa terkait, RT RW dan stakeholder desa.

Sekcam Sukamakmur, Bakri Hasan, mengatakan dibentuknya Pokja Desa Sehat sebagai tindak lanjut Surat Edaran nomor 441/946/Kesra, tertanggal 2 Desember 2021,tentang Forum Komunikasi Desa / Kelurahan Sehat serta Kelompok Kerja Desa / Kelurahan Sehat.

“Pokja Desa Sehat mengemban tugas pokok dan fungsi sebagai penggerak pembangunan yang berwawasan kesehatan, mendorong kemandirian masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat, memelihara dan meningkatkan kesehatan individu, keluarga serta lingkungannya dalam rangka mewujudkan Kabupaten Sehat,” jelasnya saat memberikan arahan di aula desa Sukaharja, Kanis (13/1/2022).

Sementara, mewakilii Kades Sukaharja Atikah, Sekdes Sukaharja Adi, mengatakan Pokja Desa Sehat yang sudah terbentuk perlu dioptimalkan dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya supaya tujuan yang diharapkan bersama dapat terwujud untuk kepentingan masyarakat Desa.

‘Perlunya mencerahkan kembali penerapan pola hidup bersih dan sehat di lingkungan warga masyarakat termasuk para pelaku usaha yang ada, diantaranya kesehatan diri sendiri keluarga dan lingkungan mulai dari sanitasi, MCK yang memadai, sumber air bersih, mengolah makanan higienis serta semua faktor kesehatan dan kebersihan lingkungan lainnya, sebagaimana surat edaran Bupati Bogor,” katanya.

Terpisah, Sekdes Sukamakmur, Dede Iskandar, menambahkan terkait keberadaan Pokja Desa Sehat khususnya di Desa Sukamakmur berdasarkan surat edaran Bupati Bogor, diharapkan dibarengi dengan anggaran dari Pemerintah Kabupaten Bogor selain dengan yang sudah dituangkan dalam APBDes.

Ditemui di kantornya, Sekdes Sukaresmi, Dedi Suryadi, mengatakan pihaknya mendukung visi misi Bupati Bogor yang diantaranya Kabupaten Bogor Sehat dan telah menyiapkan kader dan stakeholders desa untuk aktif dalam kepengurusan Pokja Desa Sehat di wilayah kerjanya.

“Pokja Desa Sehat di Desa Sukaresmi akan dibentuk dan dikukuhkan pada Jum’at (14/1). Kita dukung perwujudan Kabupaten Sehat untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di desa kami dengan menjalankan tupoksi dengan sebaik-baiknya,” tutupnya. (bili) 

Artikel Terkait :

Baca Artikel Aslinya