oleh

Pj. Wali Kota Malang Tinjau Beberapa Titik Penyembelihan Hewan Kurban

-Berita-105 Dilihat

Klojen (malangkota.go.id) – Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM meninjau beberapa lokasi penyembelihan hewan kurban di Kota Malang, Senin (17/6/2024). Beberapa lokasi penyembelihan hewan kurban yang dikunjungi hari ini antara lain adalah Masjid Noor (Jl. Prof. Moh. Yamin), Masjid Besar Quba (Jl. Terusan Ijen), Masjid Mujahidin (Jl. Terusan Setaman), serta kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud).

Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM meninjau penyembelihan hewan kurban di Kota Malang

Peninjauan ini, dituturkan Wahyu adalah untuk memastikan hewan yang akan disembelih pada Hari Raya Iduladha sehat dan aman dikonsumsi. Selain kesehatan hewan, Wahyu juga ingin memastikan prosedur penyembelihan kurban sesuai syariat. “Memang hampir semua yang akan dipotong saya ingin lihat tata caranya. Saya ingin melihat, baik sapi atau kambing, sehat atau tidak. Seperti di Masjid Noor tadi, itu tata caranya bagus,” bebernya.

Pj. Wali Kota juga akan meminta Kepala Dinas ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Malang untuk membuat surat edaran yang berisi prosedur penyembelihan hewan kurban yang sesuai kaidah keagamaan dan juga kesehatan.

“Saya minta agar disebarkan di tempat peribadatan ataupun sekolah-sekolah, maupun perkantoran yang akan melakukan penyembelihan. Itu resmi, supaya tahapannya jelas,” sambungnya.

Wahyu mengungkapkan, selama Iduladha ini pihaknya memastikan hewan yang dikurbankan dalam keadaan sehat. Sebelumnya pihaknya juga telah melakukan pemantauan kesehatan hewan kurban. “Tidak ada (penyakit). Baik pada saat dipotong, sebelum dipotong kita lihat, dan saat mencacah daging di beberapa tempat saya lihat tadi alhamdulilah sampai saat ini tidak ada laporan kambing atau sapi yang sakit. Juga ada bantuan pendampingan dari Fakultas Kedokteran Hewan UB,” terangnya. (ari/yon)