oleh

Pj Bupati Kuningan Cek Langsung Kondisi Hewan Kurban Jelang Idul Adha

-Berita-77 Dilihat

KUNINGAN – Memastikan ketersediaan dan keamanan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H, Penjabat Bupati Kuningan, Raden Iip Hidajat, turun langsung melakukan pengecekan, Kamis (13/06/024).

Didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kuningan, Wawan Setiawan, monitoring dilaksanakan di salah satu penyuplai hewan ternak kurban terbesar di Kabupaten Kuningan, Cv Sapi Jalu yang beralamat di Desa Karangmuncang, Cigandamekar.

Iip Hidajat menyampaikan bahwa monitoring hari ini sebagai salah satu antisipasi mengecek ketersediaan dan kesehatan hewan calon kurban Idul Adha tahun 2024.

“Setelah melewati cek kesehatan dari dokter hewan, hewan kurban akan disematkan kalung sehat sebagai simbol bahwa hewan tersebut layak menjadi hewan kurban dan dikonsumsi. Di tahun ini kami targetkan 5000 kalung sehat kepada hewan khususnya kambing dan sapi” Ujar Iip setelah melakukan penyematan kalung sehat pada salah satu ekor sapi pasca diperiksa tim kesehatan.

Dalam kesempatan tersebut, Iip Hidajat juga meminta kepada Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kuningan agar terus melakukan pengendalian penyakit hewan menular.

“Waspadai adanya penyakit hewan menular, kita ingin memastikan kesehatan hewan kurban di Kuningan dapat terjaga” Pinta Iip.

Ditemui ditempat terpisah, Wawan Setiawan, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kuningan menjelaskan bahwa menghadapi Idul Adha 2024 pihaknya telah melakukan berbagai upaya, diantaranya pemeriksaan hewan kurban di kandang-kandang dan pasar hewan yang ada di berbagai pelosok Kuningan.

“Selain itu, kami juga telah membuat surat edaran bupati tentang pemilihan hewan kurban yang ditujukan kepada para camat dan DKM. Kami juga melakukan pengawasan lalu lintas angkutan ternak dan juga sosialisasi melalui media sosial serta media cetak mengenai hewan kurban yang layak” Ujar Wawan.

Pengurus Cv Sapi Jalu, Firman, dalam keterangannya menyampaikan bahwa peternakan ini menampung sekitar tiga ratus ekor sapi yang kebanyakan telah di pesan untuk keperluan hewan kurban Idul Adha tahun 2024.

“Disini banyak tersedia berbagai jenis sapi, diantaranya limousin dan simental. Rata-rata yang memesan tidak hanya di Kuningan, ada juga di daerah Jawa Timur, Jawa Barat dan Jabodetabek” (BagProkompim/SetdaKuningan)