oleh

Pj Bupati dan Sekda Kuningan Sholat Idul Adha di Masjid Syiarul Islam

-Berita-137 Dilihat

KUNINGAN – Penjabat (Pj) Bupati Kuningan, Dr. Drs. Raden Iip Hidajat, M.Pd dan Sekda Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si melaksanakan Shalat Idul Adha 1445 H di Masjid Agung Syiarul Islam,  Senin (17/6/2024). Turut hadir Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah.

Shalat Idul Adha dilaksanakan pada pukul 06.30 WIB dengan  Imam Kyai Ridwan Fauzi, pengasuh Pondok Pesantren Nurul Huda, Desa Kertawangunan, dan Khotib KH. Mamat Rahmatullah pengasuh pondok Pesantren Miftahul Tholibin Desa Timbang.

Mengawali sambutannya, Pj Bupati mengumandangkan takbir dan mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT. Ia mengatakan bahwa ungkapan rasa syukur tidak hanya melalui kata-kata tetapi juga melalui tindakan nyata yang mencerminkan akhlak mulia.

Pj Bupati kemudian mengingatkan kembali peristiwa Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yang menunjukkan keteladanan dalam ketaatan dan pengorbanan  terhadap perintah Allah. Peristiwa ini dijadikan contoh untuk memperkuat ketauhidan dan semangat ikhlas dalam menerima perintah Allah SWT.

Dr. Drs. H. Raden Iip Hidajat menyampaikan  pesan moral utama Hari Raya Idul Adha. Dengan menjadikan peristiwa Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail sebagai tonggak ketauhidan kepada Allah SWT, sehingga nilai tulus ikhlas dalam menerima perintah-Nya menjadi cermin insan bertaqwa.

“Menjadikan peristiwa qurban sebagai simbol untuk menerapkan jiwa sosial, peduli pada sesama, dan menolong kaum yang lemah. Momentum Idul Adha ini harus dijadikan sebagai wujud nyata membangun kesalehan sosial dan spiritual dalam hubungan dengan sesama manusia dan dengan Allah SWT,” sebutnya. 

Selain itu, Pj Bupati mengajak untuk  terus berupaya menumbuhkan semangat membangun masyarakat yang mandiri dalam aspek ekonomi, sosial, dan budaya, disertai dengan sikap agamis menuju kesejahteraan lahir dan batin.

Pj Bupati  juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah menjaga keamanan dan kenyamanan di Kabupaten Kuningan,  bahwa dengan kebersamaan dan kerjasama yang baik, semua permasalahan dapat diselesaikan. 

Dalam kesempatan itu, Sekda Dian mengatakan selamat Hari Raya Idul Adha, semoga semangat berkurban menjiwai pribadi yang bertakwa.

Sekda Dian  berharap perayaan Idul Adha membawa keberkahan, kemuliaan, dan anugerah. Ia juga memohon doa agar para jamaah haji asal Kabupaten Kuningan diberikan kemudahan dalam melaksanakan ibadah haji dan memperoleh derajat haji mabrur.

Usai sholat dilakukan  penyerahan Sapi dari Pj Bupati ke Panitia DKM Syiarul Islam, hewan Qurban yang disalurkan melalui DKM Syiarul Islam sebanyak 6 ekor sapi termasuk  dari Pj Bupati, kemudian dilanjutkan  open house di Pendopo Setda  (IKP/DISKOMINFO).