oleh

Petani Desa Babakan Madang Bertekad Tingkatkan Ketahanan Pangan

-Berita-301 Dilihat

Petani Desa Babakan Madang Bertekad Tingkatkan Ketahanan Pangan 239

BERITA BOGOR – Guna peningkatan ketahanan pangan masyarakat pedesaan pada masa pasca pandemi Covid-19, sebanyak 40 petani di Desa Babakan Madang mengikuti pemberdayaan untuk mengembangkan sektor produksi pertanian dan peternakan

Pemberdayaan petani tersebut direalisasikan melalui program ketahanan pangan dana desa tahun 2022 oleh Pemerintah Desa Babakan Madang Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor yang secara resmi launching kegiatannya di Blok Cicabe RW 04 Kampung Cicadas, Senin (29/8/2022).

Dalam sambutannya, Kepala Desa Babakan Madang Ir. Deni Nugraha mengatakan kegiatan pemberdayaan petani disektor pertanian dan peternakan merupakan aset desa yang hasilnya nanti dapat dinikmati oleh masyarakat desa. Pihaknya mendukung program pemerintah pusat dalam rangka peningkatan ketahanan pangan untuk saat ini dan masa mendatang.

Baca juga :  PPLHI Bakal Laporkan TLB Resort Ciawi

“Kegiatan ini dilaksanakan oleh TPK dan masyarakat menggunakan dana desa tahap kedua dan dana desa tahap ketiga,” ucapnya dihadapan Camat yang diwakili oleh Kasi Ekbang, Budi S.Kur SE. Lc., didampingi Seksi Kesra, Zaini, yang turut dihadiri Muspides dan elemen masyarakat dan para petani.

Kasi Ekbang, Budi S.Kur SE. Lc. berharap kepada TPK dan masyarakat dapat bekerjasama dengan sebaik mungkin memanfaatkan program ketahanan pangan melalui pengembangan sektor pertanian dan peternakan yang di awali dari luas lahan 2 hektar hingga nantinya akan terus berkembang, tentunya diharapkan mampu menghasilkan kwantitas panen yang berkualitas.

Ketua Tim Pengelola Kegiatan, Ari Kokasih menambahkan, TPK bersama masyarakat akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan sektor pertanian dan peternakan diatas lahan milik swasta seluas 2 hektar yang terletak di Kampung Cicadas Desa Babakan Madang.

Baca juga :  Petugas Tutup Warung Miras Oplosan di Citaringgul

“Jenis kegiatan ini adalah peningkatan produksi tanaman ketahanan pangan dengan volume empat kegiatan meliputi jenis komoditi yang akan dikembangkan berupa tanaman cabai, terong, pisang, dan jagung Selain itu juga akan ada empat tambak untuk budidaya ikan lele yang akan dikembangkan,” tambahnya.

Sementara Ketua RT 01/04 Kampung Cicadas, Syaefulloh bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah pusat maupun kecamatan dan desa yang telah menyelenggarakan program pemberdayaan dan membimbing warganya yang berprofesi sebagai petani garapan. “Semoga kedepannya para petani dapat diperjuangkan untuk memiliki lahan sendiri, setidaknya ada lahan aset desa yang bisa dimanfaatkan,” harapnya. (bili) VIDEO KLIK DISINI

Artikel Terkait :

Baca Artikel Aslinya