oleh

Air Terjun Cikaso Sukabumi

-Wisata-258 Dilihat

Air terjun ini dahulunya Curug Luhur. Belakangan karena air terjun ini mengalir menuju sungai Cikaso, maka masyarakat sekitar banyak menyebutnya dengan Curug Cikaso atau Air terjun Cikaso.

Air Terjun Cikaso
Segarnya Air yang mengalir di Air Terjun Cikaso

Sejatinya Curug ini telah banyak dikenal oleh para pendaki gunung pada era 90 an, namun karena dulu akses menuju tempat ini masih sangat minim jadi kurang menjadi destinasi tujuan wisata,

Namun kini tempat ini memang tidak asing lagi buat para pemburu foto maupun para backpacker karena memiliki keindahan tersendiri. Tempat ini belum terlalu dikenal di kalangan wisatawan umum dikarenakan berada di daerah terpencil.

 

Air Terjun Cikaso
Segarnya Air yang mengalir di Air Terjun Cikaso

Air terjun ini bisa dibilang cukup unik karena memiliki lebar sekitar 100 meter dengan ketinggian 30 meter saja. Air terjun ini memiliki 3 saluran air yang dibawahnya terdapat kolam yang menampung dari ketiga saluran air terjun tersebut. Tiga aliran air terjun ini memiliki nama masing-masing. Curug Asepan (kiri), Curug Meong (tengah), dan Curug Aki (kanan).

 

Akses Menuju Lokasi

Air terjun cikaso berada di Kamping Ciniti, Surade, Desa Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Apabila dari Jakarta, untuk sampai ke tempat ini memerlukan waktu sekitar 6 jam. Untuk akses ke tempat ini bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun menggunakan kendaraan umum seperti bus atau kereta.

Untuk rute menuju tempat ini terbilang sangat mudah. Apabila dari sukabumi silahkan mengikuti arah ke Jampang kulon kemudian ke arah Surade. Untuk letak air terjun ini berada di kiri jalan di simpang tiga jalan cikaso sebelum memasuki kawasan Surade.

Fasilitas

Saat ini fasilitas yang tersedia di tempat ini cukup memadai bagi tempat wiata alam sudah terdapat toilet umum sehingga pengunjung tidak perlu khawatir saat ingin buang air. Selain adanya toilet, sekarang di tempat ini juga sudah tersedia warung-warung kecil sehingga memudahkan para traveler untuk mengisi perut atau menikmati kopi samkehabisan bekal makanan ataupun malas untuk membawa bekal. Untuk biaya retribusi masuk ke tempat ini yaitu Rp.27.000,- per mobil serta biaya parkir Rp.6.000,- saja. Selain itu juga disediakan persewaan perahu dengan harga Rp.60.000,- yang bisa menampung 10 orang.

Kabar Terbaru